Kumpulan 10 Maqra dalam al Qur'an surat dan ayat serta penjelasanya secara singkat tentang Fashion Show Secara Islami

Diposkan oleh On 10:45 AM


Berikut adalah 10 Maqra dalam al Qur'an beserta surat dan ayatnya:

  1. "Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu yang menciptakan" (Surat Al-'Alaq: 1). Ayat ini menunjukkan pentingnya mengingat Allah dalam segala hal yang dilakukan, termasuk dalam mode dan fashion.
  2. "Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu memasuki rumah-rumah selain rumahmu sebelum memohon izin dan memberi salam kepada penghuninya" (Surat An-Nur: 27). Ayat ini mengajarkan sopan santun dan etika dalam berpakaian saat berkunjung ke rumah orang lain.
  3. "Dan katakanlah kepada wanita-wanita yang beriman, hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya" (Surat An-Nur: 31). Ayat ini menekankan pentingnya wanita Muslimah untuk berpakaian sopan dan tidak menampakkan aurat.
  4. "Dan hendaklah mereka tidak menampakkan perhiasannya, kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putra-putra mereka, atau putra-putra suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara perempuan mereka, atau wanita-wanita Islam, atau hamba-hamba mereka, atau pelayan-pelayan yang mereka miliki, atau laki-laki yang tidak mempunyai keinginan (terhadap perempuan) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat wanita" (Surat An-Nur: 31). Ayat ini menunjukkan siapa saja yang berhak melihat perhiasan dan aurat seorang wanita Muslimah.
  5. "Hai anak Adam, sesungguhnya Kami telah menurunkan kepadamu pakaian untuk menutup auratmu dan pakaian indah untuk perhiasan. Dan pakaian taqwa itulah yang paling baik" (Surat Al-A'raf: 26). Ayat ini mengajarkan bahwa pakaian tidak hanya sebagai penutup aurat, tetapi juga sebagai perhiasan dan sebagai manifestasi dari taqwa atau kesalehan seseorang.
  6. "Dan janganlah kamu memandang rendah terhadap dirimu sendiri dan janganlah kamu berjalan di bumi dengan sombong. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang yang sombong lagi membanggakan diri" (Surat Luqman: 18). Ayat ini mengajarkan pentingnya untuk tidak sombong dan merendahkan diri dalam berpakaian.
  7. "Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan, dan hati, semuanya itu akan dimintai pertanggungan jawabnya" (Surat Al-Isra: 36). Ayat ini mengingatkan kita untuk berhati-hati dalam mengikuti mode atau fashionyang tidak kita ketahui dengan baik, karena kita akan dimintai pertanggungjawaban atas setiap tindakan kita di hadapan Allah.
  8. "Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mengambil teman-temanmu yang membuat agamamu menjadi olok-olokan dan permainan, di antara orang-orang yang diberikan Kitab sebelummu dan orang-orang yang kafir. Dan bertakwalah kepada Allah jika kamu betul-betul orang-orang yang beriman" (Surat Al-Maidah: 57). Ayat ini menegaskan pentingnya memilih teman dan lingkungan yang mendukung praktik Islam yang baik, termasuk dalam hal mode dan fashion.
  9. "Maka barangsiapa yang mengerjakan kebaikan seberat zarrah, niscaya dia akan melihat (balasan)nya. Dan barangsiapa yang mengerjakan kejahatan seberat zarrah, niscaya dia akan melihat (akibat)nya" (Surat Az-Zalzalah: 7-8). Ayat ini mengajarkan bahwa setiap tindakan kita, termasuk dalam hal mode dan fashion, akan memiliki akibat dan konsekuensi.
  10. "Wahai orang-orang yang beriman, bersabarlah dan kuatkanlah kesabaranmu dan tetaplah bersiap siaga (di perbatasan negerimu) dan bertakwalah kepada Allah, supaya kamu beruntung" (Surat Ali Imran: 200). Ayat ini mengajarkan pentingnya untuk bersabar dalam menjalankan praktik Islam, termasuk dalam hal mode dan fashion yang sesuai dengan aturan syariat.

Dalam konteks fashion show secara Islami, sebaiknya dipastikan bahwa pakaian yang ditampilkan tetap sopan dan sesuai dengan aturan syariat, serta tidak menampilkan aurat dan perhiasan yang tidak pantas dilihat oleh orang lain. Selain itu, perlu diingat bahwa menjaga sopan santun dan etika dalam mode dan fashion merupakan bagian dari praktik Islam yang baik, dan hal ini harus selalu dijaga dan diingatkan.

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »