Kumpulan Surah dan Ayat Al-Qur'an Tema Harlah Atau Hari UlangTahun

Diposkan oleh On 7:41 AM


Nanti sebelum dibaca dari yang sudah saya rekomendasikan pada anda maka cek dahulu mana yang paling cocok dalam acara yang bakal anda jalani, ini yang saya tuliskan hanya beberapa alternatif yang mungkin bisa dijadikan rujukan:

Berikut ini adalah maqro surah dan ayat dalam al-Qur'an Tema Harlah atau Hari Ulang Tahun

Tidak ada ayat atau hadis dalam Al-Qur'an yang secara khusus membahas tentang hari ulang tahun. Sebagaimana diketahui, ulang tahun dirayakan sebagai perayaan hari kelahiran seseorang, dan konsep perayaan ini tidak ditemukan dalam ajaran Islam. Namun, saya dapat memberikan beberapa ayat yang berkaitan dengan hari dan umur manusia:

1. "Dan Kami telah menetapkan bagi tiap-tiap umat ajal (yang sudah pasti), maka apabila telah datang ajal mereka, mereka tidak dapat berlambat sesaatpun dan tidak (pula) dapat mendahului." (QS. Al-A'raf: 34)

2. "Dan Kami jadikan malam dan siang sebagai dua tanda (kekuasaan Kami), kemudian Kami hapuskan tanda malam dan Kami jadikan tanda siang terang benderang, supaya kamu mencari karunia dari Tuhanmu dan agar kamu mengetahui bilangan tahun dan perhitungan (waktu)." (QS. Al-Isra: 12)

3. "Dan Kami jadikan segala sesuatu hidup dan tidak ada yang Kami jadikan itu kecuali dengan ukuran (yang telah ditentukan). Dan tidaklah berlalu umur kamu dan tidak (pula) bertambah kecuali dengan ukuran (yang telah ditentukan)." (QS. Al-Furqan: 2-3)

4. "Katakanlah: 'Berjalanlah kamu di bumi, kemudian perhatikanlah bagaimana kesudahan orang-orang yang mendustakan (Rasul-rasul).'" (QS. Al-An'am: 11)

5. "Allah-lah yang menciptakan kamu dari keadaan lemah, kemudian Dia menjadikan (mu) kuat sesudah kelemahan itu, kemudian Dia menjadikan kamu lemah dan tua (menjelang) hari tuamu, dan di antara kamu ada yang dimatikan lebih awal, dan supaya kamu mencapai waktu yang ditentukan (ajalmu) dan supaya kamu memahami (hikmah dan tujuan)mu." (QS. An-Nahl: 70)

6. "Dan Allah menciptakan kamu dari tanah, kemudian dari setetes air mani, kemudian Dia menjadikanmu sepasang laki-laki dan perempuan. Dan tidak ada sesuatu yang Allah ciptakan itu tidak ada tujuannya, yang demikian itu adalah anggapan orang-orang yang kafir saja." (QS. Ar-Rum: 20)

7. "Dan Allah mengeluarkan kamu dari perut ibumu dalam keadaan tidak mengetahui sesuatu apa pun, dan Dia memberimu pendengaran, penglihatan, dan hati agar kamu bersyukur." (QS. An-Nahl: 78)

8. "Dan Allah telah mengeluarkan kamu dari perut ibumu dalam keadaan tidak mempunyai sesuatu pun (ilmu), dan Dia memberi kamu pendengaran, penglihatan, dan hati, agar kamu bersyukur." (QS. Al-Nahl: 78)

9. "Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dan mengetahui apa yang dibisikkan oleh hatinya dan Kami lebih dekat kepadanya daripada urat lehernya." (QS. Qaf: 16)

10. "Sesungguhnya umat yang terdahulu telah pergi, maka jadilah mereka pelajaran bagi orang-orang yang sesudah mereka, dan mereka adalah orang-orang yang merugi." (QS. Al-Mu'min: 6)


Dalam konteks umur dan kehidupan manusia, ayat-ayat di atas mengingatkan kita akan pentingnya menghargai setiap waktu yang telah diberikan oleh Allah dan berusaha memanfaatkannya sebaik mungkin untuk beribadah dan berbuat kebaikan. Ayat-ayat tersebut juga mengingatkan kita tentang kelemahan manusia dan bahwa kehidupan di dunia hanyalah sementara, sehingga kita harus selalu berusaha memperbaiki diri dan mempersiapkan diri untuk menghadapi akhirat.



Next
« Prev Post
Previous
Next Post »