Puasa ayyamil bidh

Diposkan oleh On 2:26 AM


Puasa ayyamil bidh
Puasa dalam arti menahan lapar dan dahaga, yaumul artinya hari, hari dimana dilakukannya puasa. Ayyam artinya jamak dari yaum, artinya adalah hari-hari. Kemudian arti bith adalah hari putih. Dalam pengertian hari putih disini adalah hari yang tepat pada tanggal 13, 14, 15 setiap bulannya. Jadi setiap bulan ada ayyamil bidh (hari-hari putih).

jika kita ditanya apa yang dinamakan puasa ayyamil bidh, maka jawabanya, Puasa ayyamil bidh adalah puasa sunnah yang dilakukan pada tanggal 13, 14, 15 setiap bulan. namun jika bertemu dengan tanggal idul fitri dan idul adha maka tidak boleh berpuasa pada saat itu.

Ada juga hadits sahih yang terkandung di dalamnya yang menerangkan tentang puasa ayyamil bidh, yaitu sebagai mana riwayat yang diriwayatkan daripada Jarir r.a. daripada Nabi Muhammad s.a.w. yang bermaksud: "Berpuasa tiga hari pada setiap bulan adalah puasa sepanjang tahun yaitu puasa pada hari-hari putih - pada hari 13,14 dan 15 (bulan Qamariyah)." (Riwayat al-Nasai dengan sanad yang sohih).

Diriwayatkan juga dari Qatadah bin Milhan (ملحان) r.a. yang menceritakan; Rasulullah s.a.w. memerintahkan kami supaya berpuasa pada hari-hari putih yaitu hari ke 13, 14 dan 15 di mana baginda bersabda; “Berpuasa pada ketiga-tiga hari itu seumpama berpuasa sepanjang masa”  (Riwayat Imam Abu Daud).

Niat Puasa Hari-Hari Putih
نَوَيْتُ صَوْمَ اَيَّامَ اْلبِيْضِ سُنَّةً لِلهِ تَعَالَى
Nawaitu Sauma Ayyami Bidh Sunnatan Lillahi Ta'ala

Artinya: “ Saya niat puasa pada hari-hari putih , sunnah karena Allah ta’ala.
Selamat menjalankan ibadah sunnah puasa ayyamil bidh.

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »