Niat Sholat Taubat

Diposkan oleh On 3:52 AM

Niat Sholat TaubatNiat sholat taubat menjadi pembahasan kali ini. Sholat taubat itu apa sih? Sholat taubat adalah sholat yang biasa dilakukan sehabis sholat magrib. Kebiasaan rutin ini akan menjadi kegiatan sehari-hari yang bermanfaat. Ini dinamakan istiqomah. Kita harus tahu bahwa al-istiqomatun khoirun min alfi karomah. Istiqomah lebih bagus dari seribu keramat. Kita tahu keramat misalnya bisa berjalan diatas air tanpa alat tertentu. Bisa menghilang juga keramat. Bisa merubah sesuatu menjadi sesuatu yang lain, itu juga keramat. Namun walaupun 1000 keramat masih tidak bisa menandingi satu istiqomah. Istiqomah kalau dalam bahasa sehari-hari adalah Ajeg, Ajeg artinya tetap. Jadi yang namanya istiqomah artinya melakukan sesuatu tetap tanpa ditinggalkan sekalipun.

Niat sholat taubat sangat penting sebelum melakukan sholat sunnah taubah. Niatnya begini " Usholli Sunnatat taubati Lillahi ta'ala". Saya niat sholat sunnah Taubah Karena Allah semata. Niat yang demikian sudah dikatakan sah. Kita boleh juga menambahi niatnya seperti berikut ini. " Usholli Sunnatat Taubati Rak'ataini Mustaqbilal Qiblati Lillahi Ta'ala". ARtinya Saya berniat sholat sunnah Taubah 2 rekaat menghadap kiblat karena Allah Semata.

Mengapa kita harus melakukan sholat sunnah taubat. Karena dengan melaksanakan sholat sunnah taubah, dosa kita akan diampuni oleh Allah Subhanahu Wata'ala. Terutama dosa kecil. lantas abagaimana dengan dosa besar kita, apakan bisa hilang dengan hanya melakukan sholat sunnah Taubah. Tentu tidak bisa begitu saja. Ada syarat-syarat tertentu apabila ingin bertaubat karena dosa besar. Pertama, niat sungguh-sungguh untuk tidak akan melakukannya lagi. Kedua harus benar-benar menyesal dan tidak dibuat-buat. Memohon ampun pada Allah dan memperbaiki diri dalam setiap perilakunya. Hal ini yang dinamakan Taubatan Nasuha.

Bagaimana jika kita sudah tidak memiliki dosa dan kesalahan. Apakah masih perlu sholat sunnah Taubat. Sholat sunnah taubah tidak hanya untuk pelebur dosa namun bisa juga untuk berjaga-jaga kalau kita secara tidak sengaja melakukan kesalahan. Karena terkadang kita tidak merasa salah, namun bagi orang lain perilaku kita itu salah. Hal ini yang sering tidak kita sadari. Perkataan kita juga terkadang mengucapkan hal yang salah. Misalnya saja, Ketika melalaikan Allah saat kita ketakutan, Melalaikan Allah saat kita sudah sibuk dengan pekerjaan kita, sehingga yang ada dalam benak kita, ini adalah pekerjaanku, aku yang malakukan. Padahal yang sebernarnya adalah, semua kegiatan kita tanpa ditolong oleh Allah maka kita tidak bisa melakukan apa-apa. mengapa kita bisa mengatakan kalau ini adalah jerih payah saya. Mohon kata-kata itu bisa dihindari. Jangan sekali-kali melakukan hal itu.

Demikianlah mengenai Niat Sholat taubat semoga bisa bermanfaat bagi anda semua. AMin

Wallahu A'lam

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »