Niat Sholat Dhuha

Diposkan oleh On 4:38 PM


Niat Sholat DhuhaSebelum mengerjakan apapun sebaiknya diniati karena Allah. Dalam sholat saja tanpa diniati maka sholatnya tidak sah. Sholat wajib maupun sholat sunnah juga membutuhkan niat yang baik dan benar. Salah satunya adalah sholat Dhuha. Niat sholat dhuha menjadi kajian pokok dalam artikel ini. Niat sholat Dhuha menjadi buruan para pecinta sholat sunnah. Walaupun sunnah, namun pahalanya luar biasa. Tapi untuk maqom yang sudah bagus, pekerjaan ibadah hanya didasari karena cinta kepada Allah. Jika kita mengingat bahwa " Wama Kholaqtul Jinna Wal Insa Illa Liya'budun"  QS. Ad-Dzariyat Ayat 56. AKu (Allah) tidak menciptakan jin dan Manusia Kecuali hanya Untuk beribadah.

Walau kita membahas niat sholat dhuha, apa salahnya kita juga menjabarkan secara garis besar, apa itu sholat dhuha, Bagimana cara melaksanakan sholat dhuha, Siapa yang melaksanakan sholat Sunnah Dhuha, Mengapa melaksanakan sholat dhuha. Pertanyaan ini lazim digunakan bagia siapa saja jika membuat artikel. Dan hal ini akan menjadi pikiran utama dari sebuah penjabaran artikel kemudian. Baiklah simak Apa itu sholat Dhuha.

Sholat dhuha adalah sholat sunnah yang dikerjakan pada pagi hari. Secara umum pngertiannya demikian dan jika kita telusuri waktu mengerjakan sholat dhuha secara rinci maka kita bisa mengatakan bahwa sholat dhuha dikerjakan saat terbit matahari pagi sampai jam 11.30 lebih. Atau sebelum sholat dzuhur. Itulah waktu yang biasa digunakan untuk sholat dhuha. Dan bagaimana Niat sholat dhuha. " Usholli Sunnatat Dhuha Lillahi Ta'ala". Atau boleh niat didalam hati. Untuk meletakkan niat sholat dhuha sebaiknya pada saat seseorang sedang takbiratul ikrom, maka disitu niat mengerjakan sholat dhuha. 

Lantas bagaimana Tatacara Sholat Dhuha. Tata caranya adalah kerjakan sholat tersebut seperti biasa yaitu 2 rekaat salam, 2 rekaat salam. Jadi Jumlahnya 4 rekaat 2 salam. Boleh saja sholat dhuha dikerjakan 2 rekaat. Karena dua rekaat adalah hitungan minimal untuk jumlah rekaat sholat dhuha. Apakah bacaannya harus " Wasysyamsyi Wadluhaha" dan " Waddhuha Wallaili Idza Saja". Tidak harus. Semua surat dalam AL-Qur'an bisa digunakan untuk sholat apapun. Jadi mau pakai surat yasin Juga boleh, Atau sebagian surat juga dipersilahkan. Asalkan untuk Surat Fatihah jangan ditinggalkan dalam setiap rakaatnya. Surat Fatihah menjadi wajib dalam setiap sholat apapun. Baik itu sholat fardlu maupun sholat Sunnah. Termasuk Pula Sholat Dhuha yang wajib menggunakan Surah Fatiha dalam setiap Rekaat disamping Niat yang baik.

Mengapa kita melaksanakan sholat dhuha. Hal ini menjadi pertanyaan yang berhubungan dengan faedah sholat dhuha. ATau manfaat sholat dhuha. Apa sih manfaatnya kita melaksanakan sholat dhuha. Selama ini banyak yang mengatakan jika kita ingin rizkinya lancar maka lakukan sholat dhuha dengan rutin. APakah memang demikian. Saya juga belum menemukan hadits mengenai rizki yang lancar disebabkan sholat dhuha. Bagi saya sholat dhuha adalah ajaran Nabi dan saya Ittiba' kepada nabi Muhammad Sholallahu 'alaihi Wasallam.
وكل تحميدة صدقة. وكل تهليلة صدقة. وكل تكبيرة صدقة. وأمر بالمعروف صدقة. ونهي عن المنكر صدقة. ويجزئ، من ذلك، ركعتان يركعهما من الضحى
                “Hendaknya di antara kalian bersedekah untuk setiap ruas tulang badannya. Maka setiap bacaa tasbih adalah sedekah, setiap bacaan tahmid adalah sedekah,  setiap bacaan tahlil adalah sedekah, setiap bacaan takbir adalah sedekah, beramar ma’ruf adalah sedekah, dan mencegah kemungkaran adalah sedekah. Dan itu semua sudah tercukupi dengan dua rakaat shalat dhuha.” (HR. Muslim No. 720, Al Baihaqi, As Sunan Al Kubra, No. 4677, 19995, Ibnu Khuzaimah No. 1225).

Wallahu A'lam

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »