Macam-macam Puasa Sunnah

Diposkan oleh On 2:02 AM

Macam-macam Puasa Sunnah
Macam-macam Puasa Sunnah
Puasa ada pembagiannya, ada puasa fardlu, puasa wajib kemudian ada puasa sunnah, dan ada puasa yang hukumnya makruh. Dalam artikel Macam macam Puasa Sunnah ini akan kami bahas hanya macamnya saja mengenai tata caranya juga akan kami uraikan secara singkat namun bisa anda pahami dengan sebaik-baiknya.  Dikatakan puasa sunnah berarti apabila dikerjakan mendapatkan pahala dari Allah Subhanahu Wata'ala apabila tidak dikerjakan tidak berdosa. Walaupun demikian kita tidak boleh menyepelekan amalan-amalan sunnah. Apalagi menghina amalan-amalan sunnah. Contoh menyepelekan adalah, misalnya ada yang tanya "Apakah kamu tidak Puasa senin Kamis?" maka jawaban yang menyepelekan adalah " Hallah,..nggak ah, sunnah saja kok". Hal ini sudah menghina sunnah. Lebih baik kalau belum mampu mengerjakannya, atau lagi malas melakukannya dijawab " Maaf aku tidak puasa sunnah hari ini", kalau dikejar dengan pertanyaan mengapa? maka Jawabannya adalah" Tidak ada apa-apa, pas hari ini saya tidak puasa".

Melihat macam-macam Puasa sunnah kita bisa sebutkan diantaranya adalah puasa senin dan puasa kamis (dimana amal-amal diperlihatkan oleh Allah). Puasa Rajab-Syura-Dul qo'dah (bulan yang sangat dihormati), Puasa tanggal 1-9 Dzulhizah (dihapusnya dosa tahun-tahun lalu dan tahun yang akan datang), Puasa sya'ban (semua amal diangkat oleh ALlah Subhanahu Wata'ala), Puasa 6 hari setelah idul fitri (bagaikan puasa setahun), Puasa tanggal 13, 14, 15 (ayyamul Bidh/Hari Putih).

Melihat macam-macamnya Puasa sunnah apakah niatnya juga harus disesuaikan dengan nama-nama puasa tersebut. Apakah niatnya harus menggunakan bahasa arab atau tidak. Jawabanya adalah boleh niat dengan menggunakan bahasa indonesia atau bahasa inggris asalkan anda faham, Waktu niat boleh setelah subuh tidak apa apa atau bahkan pertengahan hari. namun kalau niat dipertengahan hari tentunya selama sebelum fajar sampai siang belum makan sesuatu, atau belum melakukan hal yang membatalkan puasa. Maka puasanya sah. Jika Puasa Rhamadhan, maka harus berniat pada malam hari atau sebelum fajar.  Bagaimana niatnya. Misal Puasa Senin Kamis, Kalau hari senin, Saya niat Puasa Senin Sunnah Karena ALlah Semata.
Apakah Puasa sunnah ini sebaiknya dilakukan oleh umat muslim. Puasa sunnah sekali lagi jika dikerjakan akan mendapat pahala, jika ditinggalkan tidak berdosa. Namun pahala untuk puasa sunnah sangatlah besar. 

Keutamaannya juga sangat besar seperti yang sudah saya paparkan diatas. Dan pahala itu akan bisa dinikmati baik secara langsung maupun kelak diberikan pada hari kiamat nanti untuk menjadi amal sholeh dan kita akan mendapatkan syurganya Allah Subhanahu Wata'ala. Menjadi amalan rutin akan membuat kita mersakan manfaat langsungnya diantaranya, badan menjadi sehat, mengapa dengan puasa badan kita menjadi sehat sebab, lambung kita ada waktu untuk istirahat sehingga lambung kita akan selalu terjaga dengan sehat. Jika lambung sehat maka tubuhpun akan tersa sehat. Ternyata puasa juga bisa mengurangi kelebihan apapun yang ada dalam tubuh kita seperti kelebihan lemak, kelebihan gula, asam lambung. Dengan normalnya zat yang ada dalam tubuh kita maka secara otomatis normallah keshatan tubuh kita.

Demikianlah artikel mengenai macam-macam Puasa sunnah dan keutamaannya. Jangan lupa bisa kunjungi artikel dengan judul Nama-nama bayi laki-laki menurut islam dan bayi perempuan. Ada juga Sebab mengapa Sebagian Besar Penduduk Indonesia Masuk Islam atau memeluk agama Islam.


Next
« Prev Post
Previous
Next Post »