Tata Cara Sholat 5 (Lima) Waktu dan Jumlah Rekaatnya

Diposkan oleh On 5:12 AM

Sholat merupakan rukun Islam yang kedua setelah mebaca syahadatain. Sholat dalam bahasa arab bisa diterjemahkan sebagai do'a. Jadi orang yang melakukan sholat itu sudah melakukan dua tujuan yaitu beribadah kepada Allah Subhanahu Wata'ala sekaligus berdoa memohon pada Allah atas segala kebutuhannya. Sholat itu wajib membaca surah Al-Fatihah. Dan SUrah Al- Fatihah merupakan rukun sholat. Jika kita meninggalkan salah satu rukun dalam sholat maka secara otomatis sholatnya tidak sah. Namun jika kita meninggalkan rukun karena lupa maka sholat kita bisa diakhiri dengan sujud sahwi setelah salam. Oleh Karena itu kita harus berhati Hati dalam mengerjakan sholat, terutama sholat Lima Waktu.

Perintah sholat sudah banyak tertulis didalam Al-Qur'an Al-Kariim. Aqimishsholah wa itaizzakah... ini menandakan bahwa sholat itu merupakan Fardlu Ain Bagi seluruh umat Muslim. Jangan Sampai kita meninggalkan sholat walaupun hanya sekali. Amalan yang bakal dihisab pertama kali adalah sholat. Jika Sholatnya baik maka baik pula seluruh amalnya dan jika sholatnya kurang baik maka kurang baiklah amalan yang lainnya. Seseorang muslim selain harus melaksanakan kwajiban sholat dia juga harus berlaku jujur dan menjaga diri dari sesuatu yang terlarang (Hadits Ibnu Abbas)

Sholat yang diwajibkan bagi setiap muslim adalah sholat 5 Waktu. 

  • Sholat Subuh, waktu mengerjakannya setelah selesai fajar shodiq, jumlah 2 rekaat. dan bisa di awali dengan Sholat Sunnah Rawatib sebanyak 2 rekaat. Qobliyah Shubuh ini merupakan sunnah yang dikukuhkan. Jika sholat qobliyah subuh ini dilakukan secara istiqomah insyaAllah akan terhindar dari penyakit,Santet  
  • Sholat Dhuhur, Sholat Dhuhur jumlahnya rekaatnya sebanyak 4 rekaat. Untuk Sholat Sunnah Rawatibnya 2 rekaat sebelum dan sesudah. Waktunya adalah sekitar pukul 12.00 sampai jam 3 sore. Anda Harus melihat Jadwal sholat di kota masing-masing.
  • Sholat Ashar, Sholat ashar ini tidak memiliki sholat Sunnah rawatib. Dan setelah sholat Ashar dilarang melaksanakan sholat Sunnah. Kecuali sholat yang wajib, misalnya Qodlo Sholat karena lupa atau tertidur dan tidak memperhatikan waktu.
  • Sholat Magrib ini dilaksanakan 3 rekaat. Sholat ini waktunya paling pendek diantara waktu sholat yang lain. Waktunya kurang lebih sekitar 30 menit. Biasanya disela-sela sholat magrib dengan sholat isya', banyak yang melakukan sholat sunnah Awwabiin (sholat kembalinya manusia dihadapan ALlah). Sholat ini memiliki sunnah Rawatib.
  • Sholat Isya'. Sholat isya' berjumlah 4 rekaat. Jika diJamak dan diQosor maka sholat ini dikumpulkan dengan waktu sholat magrib. Oleh karena itu isya' menjadi 2 rekaat. Namun untuk Sholat Magribnya tetap 3 rekaat. Baca Pula Tata Cara Sholat Jamak Qoshor.

Setelah melakukan sholat Fardlu tadi seperti biasa setelah sholat isya' maka ditutup dengan sholat Witir.

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »