Macam-Macam Perbuatan Maksiat dan Bahaya Maksiat

Diposkan oleh On 5:08 AM

Orang muslim hidup di Dunia ini jelas diberikan Nafsu sehingga sangat mudah sekali melakukan kemaksiatan. Jangankan Manusia, Malaikat yang tidak diberikan Nafsu ternyata juga bisa bermaksiat. Apalagi kita sebagai orang biasa sering sekali melakukan kemaksiatan. Banyak sekali bentuk-bentuk maksiat yang biasa kita kerjakan. Baik kapasitasnya maksiat kecil maupun maksiat yang sangat besar. Tidak kita pungkiri bahwa ini adalah kelemahan keimanan kita pada Allah. Terkadang orang tidak merasa diperhatikan oleh ALlah sehingga dia Lupa kalau sebenarnya Allah melihat manusia itu. Dimanapun tempatnya pasti akan terlihat oleh ALlah Subhanahu Wata'ala. Maka tentunya sangat sulit sekali untuk meraih syurganya ALlah Jika kita selalu bermaksiat. Syurga Allah tidak diberikan pada hambanya yang bermaksiat. Apakah kalian tidak ingin menikmati sesuatu yang ada di Syurga. Apakah anda tidak menginginkan sebuah hadiah besar bagi penghuni syurga. Jika kita masih saja melakukan kemaksiatan.

Maksiat yang tergolong besar
  1. Berzina : Melakukan hubungan layaknya suami istri padahal belum resmi menikah.
  2. Minum Minuman Keras : Semua yang beralkohol dan memabukkan juga merupakan hal yang harus dijahui. Termasuk Sabu-sabu, Narkotika, Obat-obatan terlarang yang justru akan merusak moral bangsa dan merusak otak manusia.
  3. Membunuh : Menghilangkan Nyawa orang lain merupakan dosa yang sangat besar. Bagi yang membunuh orang maka dia harus didenda 100 onta besar. Ini merupakan hukuman bagi pelaku kejahatan.
  4. Pemberontak atau Ahlul Bughoh
  5. Syirik : Menyekutuka Allah. Menyamakan Allah dengan ciptaannya. Berkata yang tidak pantas dihadapan ALlah. Misal "Tu kan, Kalau tidak ada saya pasti kalian celaka". Perkataan seperti itu juga termasuk syirik.
  6. Murtad : Keluar dari Agama Islam. Dosa yang sangat besar karena mengingkari keesaan Allah.
  7. Fitnah. Menurut kamus besar bahasa Indonesia bahwa fitnah adalah perkataan bohong atau tanpa berdasarkan kebenaran yang disebarkan dengan maksud menjelekkan orang. Menodai nama baik  serta merugikan kehormatan orang lain.
  8. Mencuri yaitu mengambil barang orang lain tanpa izin yang sah.

Kemaksiatan yang lain yang tidak kalah bahanyanya

  1. Sombong : Merasa dirinya paling hebat, paling mulia dan paling suci. Tidak mau bergaul dengan orang yang lebih rendah derajatnya dari dia.
  2. Menggunjing atau mengumpat : omong-omong dengan menjelekkan orang lain. Jika terlalu jauh dan berkata bohong justru ini menjadi sebuah Fitnah.
  3. Menghardik : Memarahi dengan membentak-bentak.
  4. Melecehkan : memandang rendah orang lain, menghina dan merendahkan martabatnya.
  5. Ananiyah : atau bahasa kita adalah egois, hanya memikirkan diri sendiri.
Masih banyak sekali dosa dan kemaksiatan yang dilakukan semoga ini tidak kita lakukan agar kita mendapat rodlo Allah dengan imbalan Syurga. Amin


Komentar anda sangat berharga bagi blog ini... Terima Kasih atas komentar dan kunjungannya...

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

28 komentar

Apa semua perbuatan dosa dsebut mksiat?

Assalamu'alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh.

Maksiat adalah bentuk dari perbuatan yang diklaim dosa. Maka Bukan perbuatan dosa, tapi perbuatan maksiat adalah dosa. Syukron Matni Nadhilah semoga Bermanfaat.

Apakah riya termasuk perbuatan maksiat?

Bukannya malaikat tidak Allah ciptakan dengan Nafsu?

apakah merayakan malam tahun baru dengan sekedar kumpul makan2 bersama keluarga, itu juga bisa dikatakan sebagai maksiat ? karena saat ini banyak medsos yg menyatakannya demikian

Alhamdulillah, terimakasih atas ilmunya

Malaikat tidak punya nafsu pak , sekedar mengoreksi

syukran atas masukannya dan sudah kami edit. Jazakumullah Khoiran Katsira

Riya adalah perbuatan dosa. Orang yang penting jangan riya, jangan tomak, jangan minta, jangan nolak.

KH. Ahsin Ilyas

Betul, saya yang salah ketik. sudah kami edit terimakasih.

Entah merayakan atau tidak namanya, kumpul bersama keluarga sekedar makan-makan apa salahnya, justru ini sangat dianjurkan kumpul bersama keluarga (kitab Tanbihul ghofilin).

Sama-sama, semoga berkah hidup anda

Apa benar malaikat bsa bermaksiat ?? Mohon penjelasan tafsirnya , sukron

Ada om, Nama Malaikatnya Harut dan Marut...Buka kitab Badai'uz Zhuhur Hal.53 Karangan syech Muhammad bin Ahmad bin iyas Rohimahumulloh Ta'ala

Wallahu a'lam

Syukron atas ilmunya,semoga bermanfaat

Subhanallah syukran atas ilmunya, afwan mengenai apakah malaikat Harut dan Marut melakukan maksiat atau tidak mari kita sama-sama melihat penjelasannya di Al-Quran surah Al-Baqarah ayat 102.


Subhanallah, terima kasih atas ilmunya pak

Apakah yg kita lakukan dengan pasangan seperti berpegangan tangan itu yg dinamakan maksiat besar atau maksiat kecil tolong jawabannya ?

pasangan suami istri halal, kalau pasangan belum resmi dosa besar

apakah pacaran teemasuk perbuatan maksiat?

Setiap manusia tentu punya penyakit iri,dengki & hasad.
Apakah itu semua jg termasuk maksiat?
Syukron