Masalah-Masalah Terkini Perihal Kurban dan Solusinya

Diposkan oleh On 10:05 AM

Setelah kami paparkan syarat-syarat hewan kurban, ada beberapa hal yang terkadang menjadi perdebatan dikalangan ummat mengenai masalah-masah yang timbul atau muncul perihal kurban. Disini bisa menanyakan dengan cara berkomentar dibawah dan semaksimal mungkin akan kami jawab Setelah kami diskusikan dengan guru kami dan teman-teman seperjuangan.
  1. Apakah boleh berkurban selain onta, Sapi, kerbau, domba, dan kambing? jawabannya tidak boleh. Misalnya ayam satu kandang? tetap tidak sah. Percuma.
  2. Untuk sapi bisa dipakai rombongan kurban untuk beberapa orang ? Jawabnya bisa untuk robongan 7 orang.
  3. Apakah daging kurban bisa untuk membayar tenaga tukang sembelih? Jawabnya tidak boleh, kalau hadiah boleh saja. jadi Upah harus tetep dibayar dan dikasih tambahan hadiah daging, kalau dia miskin dapat lagi satu kupon. No problem
  4. Panitia tiba-tiba ambil daging kurban lalu dimasak dipakai untuk makan atau sarapan seluruh panitia bagaimana? Jangan, itu Haram. Harus minta izin dulu yang berhak. Siapa yang berhak? yang berhak sepertiga adalah pemiliknya, sepertiga adalah, sanak familinya, dan sepertiga lagi orang-orang fakir miskin. Lalu bagaimana agar halal. Mintalah izin pada pemiliknya untuk diambil bagiannya sebagian dipakai untuk sarapan.
  5. Bagaimana do'anya saat mau menyembelih hewan kurban? yang paling singkat saja yang kami anjurkan yaitu Bismillah Wallahu Akbar Allahumma Minka wa laka.
  6. Apa hukumnya kurban? hukumnya adalah sunnah muakad (pendapat imam syafii, maliki, hambali) menurut imam hanafi Wajib.
  7. Bagaima memotong hewan kurban malam hari? dulu Nabi melarang, alasannya tidak ada lampu seperti sekarang. Kalau sekarang bisa terpenuhhi cahayanya, silahkan motong hewan kurban malam hari.
  8. Bagaimana yang menyembelih orang lain? disembelih sendiri bagus diwakilkan boleh. Bisa dengan membaca Allahumma Taqobbal min fulan, kalau satu. Atau Allahumma Taqobbal min fulan, min fulan, min, fulan, min fulan, min fulan dst sampai tujuh. Jika tidak disebutkan juga boleh. Tidak usah menagis gara-gara nggak disebut.
  9. Apakah orang yang belum akikah boleh berkurban? Jawabnya boleh. AKikah itu tanggung jawab bapak kita, sedangkan kurban itu adalah tanggung jawab kita sendiri.
  10. Bolehkah membagi daging kurban ke kampung lain? Kalau kampung kita sudah dan dagingnya masih banyak bisa dibagikan ke kampung lain. 
  11. bagaimana berkurban untuk orang yang sudah mati atau meninggal? Boleh.
  12. Bolehkah menjual kulit hewan kurban? jawabnya TIDAK BOLEH. sebaiknya kasihkan saja pada fakir miskin, entah mau dijual mau dimasak biar terserah mereka. kalau mereka fakir miskin tidak mau dan minta hasil penjualannya, silahkan jualkan untuk mereka. Tapi duit itu jangan dipakai untuk beli tali, beli kresek, beli rokok, sarapan, air mineral untuk panitia, jangan itu hak fakir miskin. Bagaimana kalau untuk masjid, Nggak perlu, Masjid sudah ada 6 sumber pendapatan, Zakat, wakaf, infaq, Sodaqoh, wasiat, hibah.
  13. Apakah non Muslim bisa dibagi daging kurban? boleh, yang islam dah kebagian semua, yang non muslim kasih saja separuh, he..he.. kalau mau full ya ada pasword nya. Syahadat.

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »