Arti Nama Menurut Islam

Diposkan oleh On 7:04 AM

Arti Nama Menurut Islam
Apakah ada manusia yang belum memiliki nama. Sampai saat ini saya belum menemukan manusia tanpa nama. Arti nama menurut Islam. Coba kita fahami judul diatas. Bisa kita mengatakan Apakah arti Nama Menurut pandangan Islam. Atau Nama-nama islam yang kita artikan. Kalau kita berbicara mengenai arti nama menurut pandangan islam tentu kita akan bahas. Dan Pembahasan kali ini saya fokuskan arti nama menurut islam.

Nama dalam islam selalu disarankan yang baik. Karena Nama seseorang merupakan do'a bagi orang yang menyandang nama tersebut. Misalnya saja adalah Afroh Qolbi, nama tersebut jika diartikan adalah sangat atau lebih bahagia hatiku. Artinya kelak dia senantiasa bahagia untuk selamanya. Apakah bertentangan dengan sunatullah. Padahal yang namanya manusia pasti sesekali merasakan senang dan sesekali merasakan gembira, namun bukan berarti kita mengingkari hal tersebut, akan tetapi ini adalah sebuah harapan dengan hadirnya nama tersebut diharapkan setelah ada kesedihan akan ada sebuah kesenangan yang berlimpah.

Memberikan nama memang jelas tugas kedua orang tua kita. Jangan sampai memberikan nama pada anak kita dengan kata Syaithon yang artinya Syaitan, Atau nama Naaru Jahannam, artinya neraka jahannam. Apalagi menggabungkan nama yang tidak semestinya. Ibnu Syaithon, artinya anaknya syaitan. Berarti ibuknya yang syetan, anaknya belum tetntu syaitan, walau demikian nama tersebut sangat tidak pantas. Yang keliru bukan IBNU, tapi Syaitan. Kalau IBNU kita gabungkan dengan ABBAS, misalnya, maka menjadi anaknya ABBAS.

Nama-nama yang dianjurkan menurut islam bisa menggunakan nama-nama Nabi Muhammad, misalnya, THOHA, Musthofa, AHmad, Muhammad, Yasin, Habibillah, Mahmud, Hamid, Thohir, Toyib, Sebenarnya ada 201, namun tidak semua Nama Nabi bisa anda gunakan, sebab ada nama Nabi Khotamul ANbiya, ini tidak bisa dipakai untuk nama anda. Karena artinya itu adalah Penutup Para Nabi. Misalnya lagi Rsulun, itu juga nama Nabi Muhammad yang jumlahnya 201 tadi. Namun Nama itu juga tidak bisa anda gunakan, Masak namanya Rasul. Tidak tepat. Mending yang sudah maklum bagi orang banyak.

Nama anda terutama yang laki-laki bisa menggunakan asmaul husna, Nama-Nama Allah Yang Baik. Arrahman, Rohim, Badi' dan lain sebagainya. Dan anda bisa menggabungnya menjadi AHmad Rahim, artinya Nabi Muhammad yang Selalu mendapatkan kasih sayang Allah. Anda juga bisa konsultasi untuk pemeberian nama, baik nama anak laki-laki Muslim atau anak Perempuan Muslim.

Contoh Nama-Nama Laki-laki dalam Islam
Ahmad Mujiburrahman, Ahmad Thoha, Aslim Abdul Badi', Thoha Habibi, Firdaus Mukhlisin.

Ada nama yang kelihatanya bagus tapi kurang pas adalah Barokah. Mengapa demikian, ketika seorang ibu memberi nama pada anak dengan Nama BARAKAH, maka ketika ibu tadi mencari anaknya yang lagi tidak ada dirumah, maka dia akan bertanya pada orang lain, "Apakah ada Barokah?" Jika orang lain tersebut tidak tahu, maka seolah tidak ada berkah didalamnya. Wallahu A'lam.

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »