Lupa Baca Bismillah? - Ini Solusinya

Diposkan oleh On 10:54 PM

Setiap manusia memang tidak lepas dari salah dan lupa, namun jika selalu salah itu bukan lupa namanya. Dan jika seseorang selalu lupa, biasanya hal demikian pastinya disengaja. Kata bung haji rhoma irama, orang yang baik bukanya tidak pernah melakukan kesalahan, tapi yang baik adalah orang yang menyadari kesalahnnya dan mau memperbaikinya.
الإنْسَانُ مَحَلُّ الْخَطَاءِ وَ نِسْيَانْ
artinya : Manusia adalah tempatnya salah dan lupa

Mengapa bacaan bismilah tidak boleh kita lupakan, sampai-sampai jika kita lupa kita harus tetap membacanya. Karena alasan yang pertama, membaca bismillah setiap akan melakukan sesuatu adalah perilaku dan kebiasaan Nabi Muhammad Yang harus selalu kita ikuti. Karena beliau adalah Uswatun Hasanah (suri tauladan yang baik). Alasan kedua bahwa setiap tindak tanduk harus tergolong kebiasaan yang baik. Ketiga dengan membaca bismilah maka keridloan Allah akan selalu tercurahkan pada kita. Amiin.

Langkahnya adalah kita membaca " bismillahi fi awalihi wa akhirihi ". pada saat kita ingat bahwa kita belum membaca bismillah. Dalam bahasa arab bunyinya sebagai berikut:
بِسْمِ اللهِ فِى أوَّلِهِ وَ أخِرِهِ
Jika diartikan : Dengan menyebut nama Allah pada permulaan kegiatanku sampai akhir kegiatanku.

Demikian yang bisa saya sampaikan betapa pentingnya basmalah itu. Misalnya kita mau memakai baju, baca bismillah, insyaAllah diberikan pahala yang besar. Jika memakai baju maka mulailah dengan memasuki lengan dengan tangan kanan, dan jika mencopot baju maka diakhiri dengan tangan kiri. Misalnya saja kita mau makan, baca bismillah, maka syetan tidak akan ikut makan apa yang kita makan, semua yang kita makan menjadi berkah dan manfaat. Apapun kegiatan kita selalu diawali dengan membaca bismillah.

Namun Hati-hati, jika kita mau melakukan maksiat dengan diawali membaca bismillah maka, kita dihukumi MURTAD oleh Allah Subhanahu Wata'ala. Jangan sekali-kali dalam maksiat disisipi dengan bismillah. Jika perlu justru kita menjahui maksiat. Misalnya saja jika kita mau maksiat, maka baca begini, Bismillah saya tidak jadi maksiat, kuatkanlah ya ALlah untuk tidak melakukan maksiat. Hal ini akan mendorong seseorang untuk lebih baik dan meninggalkan maksiat.

sumber : Risalatul Mu'awanah Juz 2

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »