Tata Cara Sholat Sholat Taubat dan Hikmahnya

Diposkan oleh On 10:12 PM

Sholat sunnah Taubat adalah sholat sunnah yang sangat dianjurkan bagi kaum muslimin semuanya. Mengapa demikian. Kita tahu setiap hari kita selalu menumpuk Dosa dan Kemaksiatan sehingga jika tidak kita bersihkan maka dosa akan menggunung dan bakalan mendapatkan adzab yang sangat pedih. Jika kita telah melakukan dosa maupun kemaksiatan maka segera mengucapkan Istigfar. Bunyi kalimat istighfar yaitu Astaghfirullahal Adzim. Kemudian berjanji untuk tidak melakukannya lagi. Untuk diterimanya Taubat Maka harus Bertaubat dengan Tata Cara Bertaubat yang Benar. oleh karena itu kita dianjurkan Sholat Taubat sebagai langkah awal untuk memperbaiki segala dosa dan kesalahan. Perhatikan Hadits berikut :
حَدَّثَنَا أَبُو كَامِلٍ حَدَّثَنَا أَبُو عَوَانَةَ حَدَّثَنَا عُثْمَانُ بْنُ أَبِي زُرْعَةَ عَنْ عَلِيِّ بْنِ رَبِيعَةَ عَنْ أَسْمَاءَ بْنِ الْحَكَمِ الْفَزَارِيِّ قَالَ سَمِعْتُ عَلِيًّا كَرَّمَ اللَّهُ وَجْهَهُ قَالَ كُنْتُ إِذَا سَمِعْتُ مِنْ
رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَدِيثًا نَفَعَنِي اللَّهُ بِهِ بِمَا شَاءَ أَنْ يَنْفَعَنِي مِنْهُ وَإِذَا حَدَّثَنِي غَيْرُهُ اسْتَحْلَفْتُهُ فَإِذَا حَلَفَ لِي صَدَّقْتُهُ وَحَدَّثَنِي أَبُو بَكْرٍ وَصَدَقَ أَبُو بَكْرٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَا مِنْ عَبْدٍ مُؤْمِنٍ يُذْنِبُ ذَنْبًا فَيَتَوَضَّأُ فَيُحْسِنُ الطُّهُورَ ثُمَّ يُصَلِّي رَكْعَتَيْنِ فَيَسْتَغْفِرُ اللَّهَ تَعَالَى إِلَّا غَفَرَ اللَّهُ لَهُ ثُمَّ تَلَا وَالَّذِينَ إِذَا فَعَلُوا فَاحِشَةً أَوْ ظَلَمُوا أَنْفُسَهُمْ ذَكَرُوا اللَّهَ
Artinya : Dari Ali dari Abu Bakar AsShidiq ia berkata, Rasulullah sallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda “siapapun dari hamba yang beriman, ia melakkan sebuah dosa, kemudian ia berwhudhu’ dan ia membaguskan wudhu’nya kemudian ia sholat dua rakaat, lalu ia meminta ampun kepada Allah, maka Allah akan ampunkan dosanya. Kemudian beliau membacakan ayat Al-Qur’an yang artinya sebagai berikut” Dan orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menganiaya diri sendiri., mereka ingat akan Allah, lalu memohon ampun terhadap dosa-dosa mereka dan siapa lagi yang dapat mengampuni dosa selain dari pada Allah? Dan mereka tidak meneruskan perbuatan kejinya itu, sedang mereka mengetahui. (Qs: Al-Imran 135)
وَالًّذِيْنَ اِذَا فَعَلُوا فَاخِشَةً أَوْ ظَلَمُوْا أنْفُسَهُمْ ذَكَرُاللهَ فَإسْتَغْفَرُوْا لِذُنُوْبِهِمْ وَمَنْ يَغْفِرُالذُّنُوْبَ إلَّا الله وَلَمْ يُسِرُّوْا عَلَى مَا فَعَلُوْا وَهُمْ يَعْلَمُوْنِ
     Perhatikan Haidts berikut yang memuat anjuran bagi siapa saja yang lekukan dosa dan kemaksiatan, maka segera bertaubat untuk memohon ampunan

Waktu Mengerjakan Sholat Sunnah Taubat

Apakah masih butuh untuk melakukan sholat Taubat. Karena Amalan ini termasuk yang dianjurkan oleh Nabi maka seharusnyalah kita harus mengamalkannya. Mengamalkan suatu kebaikan walaupun sedikit saja tetap akan mendapatkan Pahala. Sebelum Kita membahas Tata Cara Sholat Sunnah Taubat alangkah baiknya kita harus mengetahui hal-hal sebelum lelakukan sholat sunnah Taubat, Sholat sunnah taubat ini seharusnya dilakukan setiap hari untuk waktu melaksanakan sholat sunnah taubat yang bagus adalah setelah habis sholat Magrib, kemudian melakukan sholat Sunnah Awwabin, lalu disambung dengan sholat sunnah taubat. Merenungi kesalahan selama satu hari yang tertinggal kemudian persiapkan untuk melakukan Thaharoh (berwudlu).

Jumlah Rekaat Sholat Taubah

Mengenai Jumlah Rakaat Sholat sunnah Taubah 2 atau 4 rekaat dengan 2 salaman. ini saja jika dilakukan dengan Istiqomah, insyaAllah akan membawa kebaikan pada diri kita. Jika sudah melakukan sholat taubat dengan benar kemudian disambung dengan berdzikir memohon ampun pada Allah agar segala dosa-dosa kita diampuninya.

Tata Cara Sholat Taubat

  • Pertama harus niat terlebih dahulu. Untuk Bunyi Niatnya “Usolli Sunnatat Taubati Rakataini Lillahi Ta’ala”. Misalnya ditambahi dengan “Mustaqbilal Qiblati Lillahi Ta’ala”. itu justru lebih baik. Bagaimana jika kita tidak faham artinya? maka sebaiknya pelajari terjemahannya. Kemudian untuk niat sholat Taubat ini HARUS DILETAKKAN pada saat TAKBIROTUL IKHROM (berkata dalam hati bahwa “ Saya melaksanakan sholat sunnah Taubat Karena Allah”.
  • Kemudian Membaca membaca surah Al-Fatihah disambung dengan surah surah pendek kemudian rukuk, i’tidal, sujud, sujud diantara dua sujud kemudian berdiri untuk melakukan gerakan sholat seperti pada rekaat yang pertama, sampai selesai dan salam.

Simpel mudah dikerjakan, akan tetapi menjaga istiqomah untuk melaksanakan sholat sunnah taubat setiap hari perlu dilatih agar terbiasa. Dengan keterbiasaan maka akan menghasilkan istiqomah yang benar-benar ikhlas Lillahi Ta’ala.


Refferensi : Hadits At-Tirmidzi dan Al-Qur'anul Karim Surah Ali-Imran Ayat : 135

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

1 komentar:

Artikel yang bagus.
Jangan lupa kunjungi www.refiza.com
Ada banyak souvenir cantik untuk Aqiqah, pengajian, haji, pernikahan.