Kunci Sukses Dunia Dan Akherat ( Cara Mencari Rizki Yang Halal )

Diposkan oleh On 6:40 AM

Sukses dunia akherat, 3 kata terangkai menjadi satu sehingga menjadi cita-cita ideal seseorang. Sebelumnya saya minta maaf karena telah memberanikan diri menulis artikel ini hanya semata-mata menularkan ilmu yang berupa rangkuman yang bersumber dari beberapa ulama’ dan bussinesman yang sengaja kami gabungkan menjadi satu. Maksud penulis mengambil pendapat para ulama’ dan bussinesman karena target utamanya adalah sukses dunia akherat, Bussinesman akan memberikan kunci dunia dan Ulama’ akan memberikan kunci akherat.

Beberapa catatan keinginan-keinginan manusia yang baik
  1. Kaya mati masuk syurga
  2. Kaya di dunia dan kaya di akherat
  3. Kaya agar bisa menyantunia fakir miskin dan yatim piatu
  4. Punya mobil banyak, rumah yang mewah dan anak yang cerdas dan pintar
  5. Kepingin niak haji dan menghajikan kedua orang tua dan keluarga
  6. Ingin menjadi cendikiawan muslim yang berbakat
  7. Artis terkenal yang sholih ataupun sholihah
  8. Menjadi kyai kondang dan banyak pengikut
  9. Dokter spesialis yang sosialis
  10. Manusia yang berguna bagi orang lain



Sebenarnya masih banyak keinginan-keinginan manusia yang lain jika ditulis semua bisa sampai milyaran bahkan tak terhingga, namun keinginan yang baik tadi selalu mengandung unsur dunia akherat sebab mereka tahu kehidupan yang bisa dinikmati saat ini adalah dunia dan yang akan datang adalah akherat. Oleh karena itu hampir seluruh manusia menginginkan kenikmatan dunia dan akherat. Ada memang sebagian orang yang hanya memiliki orientasi dunia artinya mereka akan menghalalkan segala cara untuk mendapatkan harta yang sebanyak-banyaknya dengan menipu, mencuri, korupsi dan lain sebagainya. Kita faham cara yang demikian sangat beresiko apalagi kehidupan kita sudah pasti dilihat oleh Allah, maka segala bentuk kemungkaran akan dihancurkan oleh Allah. Mungkin kaya raya dan sukses namun hanya sesaat kemudian mereka yang demikian itu akan merasakan dinginnya ubin istana penjara. Seandainya mereka selamat dari penjara maka mereka tidka akan selamat dari ALLAH Subhanahu Wata’ala. Baik sebagai wacana anda pembaca yang budiman berikut pembagian kebutuhan manusia yang ada di dunia.
  1. Kebutuhan Harian : Kebutuhan yang harus dicukupi setiap hari seperti makan dan minum, uang jajan anak dan lain-lain
  2. Kebutuhan Mingguan : Kebutuhan yang musti dicukupi setiap minggu seperti amal jariyah setiap jum’at, rekreasi, gaji karyawan mingguan, belanja kebutuhan pokok.
  3. Kebutuhan bulanan : kebutuhan yang wajib dipenuhi setiap bulan seperti tagihan listrik, tagihan telepon, Arisan, gaji karyawan dan lain-lain.
  4. Kebutuhan Tahunan : Kebutuhan  yang wajib dicukupi setiap tahunnya misalnya THR untuk karyawan, pajak mobil, pajak tanah dan bangunan dan lain-lain.
  5. Kebutuhan insidental : Kebutuhan yang tak terduga, sewaktu-waktu bisa terjadi misalnya ban mobil pecah, Oli Motor kemasukan air dan lain-lain.


Untuk memenuhi kebutuhan diatas akan disesuaikan dengan penghasilan masing-masing, jangan sampai besar pasak daripada tiang artinya besar pengeluaran daripada pemasukan. Ada kebutuhan tertentu yang jatah pengeluarannya harus dikurangi beberapa rupiah sebab penghasilan yang didapat tidak mencukupi.
Berikut ini contoh teknisnya, ini tidak paten, bisa disesuaikan dengan keinginan anda

1
Kebutuhan Harian
Makan, minum, uang jajan, transport karyawan
100.000
100.000
2
Kebutuhan Mingguan
Gaji Karyawan, jariyah, santunan anak yatim
1.000.000 dibagi 7 hari
142.800
3
Kebutuhan Bulanan
Tagihan Listrik dan telpon, gaji karyawan, Bonus karyawan
3.000.000 dibagi 30 hari
100.000
4
Kebutuhan Tahhunan
THR karyawan, rekreasi, pajak Mobil dan pajak bangunan
5.000.000 dibagi 360 hari
  13.800
5
Kebutuhan insidental
Ban Mobil bocor, Periksa kesehatan ke dokter atau puskesmas dll
1.000.000 per tahun artinya dibagi 360 hari
    2.800
Jumlah

360.000,-

Dari tabel diatas jika dijumlahkan menjadi kebutuhan harian keseluruhan sebesar Rp. 359.500,- artinya untuk mencukupi kebutuhan harian anda harus siap uang 100 ribu, untuk mencukupi kebutuhan mingguan maka perhari anda harus menabung 142.800,- untuk mencukupi kebutuhan bulan anda harus menyisihkan uang sebesar 100 rb, dan untuk kebutuhan tahunan, anda harus mnyimpan uang 13.800 setiap hari, dan untuk kebutuhan insidental atau lain-lain anda harus menyisihkan uang perhari 2.800. Artinya gaji anda minimal perhari adalah Rp. 360.000,- . Jika penghasilan kurang dari itu secara perhitungan logis kebutuhan anda tidak tercukupi. Artinya kalau dihitung-hitung Gaji anda perbulan Kurang lebih 10 Jutaan.

Sekarang kita balik perhitungannya.. Misalkan gaji kita akan dibayarkan perbulan sejumlah Rp. 1.500.000,- secara perhitungan maka perhari anda hanya disediakan uangRp. 50.000,- itu hasil pembagian Rp. 1.500.000,- dibagi 30 hari.
Berikut ini contoh teknisnya, ini tidak paten, bisa disesuaikan dengan keinginan anda

1
Kebutuhan Harian
Makan, minum, uang jajan
15.000,-
     15.000,-
2
Kebutuhan Mingguan
Jariyah, santunan anak yatim
17.000,- dikali 7 hari
   119.000,-
3
Kebutuhan Bulanan
Tagihan Listrik dan telpon
15.000,- dikali 30 hari
   450.000,-
4
Kebutuhan Tahunan
Pajak Motor dan pajak bangunan
2.000,- dikali 360 hari
   720.000,-
5
Kebutuhan insidental
Periksa kesehatan ke puskesmas dll
550,- dikali 360 hari
   196.000,-
Jumlah
49.550,-
1.500.000,-

Keterangan diatas sebagai berikut : Anda setiap hari harus menyisihkan uang makan 15.000,- tidak boleh makan lebih dari 15.000,- Jika makan hari itu 20.000,- maka hari berikutnya anda harus makan dengan uang 10.000,-. Faham ya... jadi jatah untuk hari berikutnya terpotong. Jika hari ini anda bisa ngirit makan Cuma 10.000,- maka pada hari berikutnya anda bisa makan dengan budget sebesar 20.000,- begitu seterusnya.

JIka Anda pengen Memiliki Tabungan tentunya anda harus mengurangi kebutuhan-kebutuhan anda atau menciptakan pekerjaan tambahan untuk anda simpan dan anda tabung. Hasil tabungan jangan dibiarkan berlama-lama di Bank atau di dompet entar tidak berkembang. Tapi gunakan sebagai Modal tambahan dalam bisnis anda. Agar menyasar, lakukan riset kecil-kecilan untuk menentukan bisnis apa yang harus lebih dikembangkan tentunya melihat hal pentiiiiing berikut ini.

Pentiiiiiiiiing.....!!!!!
Dalam bisnis selalu ada 3 kata Utama yang harus diperhatikan :

  1. Bahan Baku : Semua lini bisnis harus ada yang namanya bahan baku, Langka atau tidak, mudah didapat atau tidak, selalu berhubungan dengan kwalitas bahan. Jika ini sulit didapat maka bisnis anda tidak akan mungkin lancar.
  2. Proses : Ini menyangkut kinerja karyawan, Penekanan biaya produksi, Servis pelanggan, Pengelolaan keungan yang baik. Modal sekecil-kecilnya untuk mendapatkan keuntungan yang besar, jika mampu mengendalikan proses dengan baik, bisnis anda cepat berkembang.
  3. Networking (Jaringan) : Jaringan dalam hal ini menyankut jaringan rekanan bisnis yang bisa dipercaya, Jaringan pasar artinya kita punya skub yang sangat besar untuk memasarkan produk kita. Presentasi terhadap investor yang meyakinkan. Jadi hati-hati memilih peluang bisnis, jangan asal punya modal namun tidak memeperhatikan hal tersebut diatas, Bisnis anda akan bangkrut. Dan tentunya adalah jaringan publikasi yang luas, bisa lewat sisial media maupun rekan antar kampus dan lain-lain.

Mengenai sukses untuk akherat berikut Tip[s dari para Ulama' dan Kyai... Mau ngga?

Baiklah pembaca yang dirahmati oleh Allah Subhanahu Wata’ala, semua diatas adalah hitungan matematis, namun keberkahan rizki akan didapat jika kita selalu bergantung kepada Allah atas Rizki yang kita cari. Minta petunjuk Allah atas halalnya rizki yang kita cari. Ikuti cara-cara berikut ini agar keberkahan rizki bisa anda dapat dan tentunya tidak hanya sukses dunia saja melainkan kita bisa sukses dunia dan akherat. Profesi apapun bisa mempertimbangkan hal-hal sebagai berikut :
  1. Niatkan dalam mencari rizki atas nama Allah misalnya : Saya niat mencari rizki karena Allah atau dengan bahasa jawa niat ingsun golek rojo koyo kerono gusti Allah atau bisa dengan bahasa-bahasa lain yang penting kita faham apa yang kita ucapkan.
  2. Perbanyak sedekah dan menyantuni anak yatim atau yatim piatu
  3. Hindari makanan-makanan yang haram dan diharamkan
  4. Hindari segala bentuk kemaksiatan
  5. Jangan lupa mengerjakan rukun Islam (Syahadat, Sholat, Puasa, Zakat, Naik Haji jika mampu)
  6. Jangan lupa sholat dhuha setiap hari untuk tata cara sholat dhuha beserta doanya akan lebih sempurna jika mengetahui ilmunya.
  7. Ada target tetapi tidak memaksakan diri (Jawa: Ngoyo atau Ngongso)
  8. Syukuri apa yang sudah diberikan Allah untuk kita dengan begitu Allah akan menambah rizki dan kenikmatan-kenikmatan lainnya.
  9. Minta do’a restu sama orang tua terutama ibu insyaAllah kita bisa meraih yang namanya sukses dunia dan akherat

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »