Fadilah dan Do'a Akhirussanah beserta Teks Do'anya

Diposkan oleh On 9:09 AM

   Do’a akhir sanah dan do’a awal sanah menjadi rutinitas kaum muslimin untuk membacakannya pada akhir dan permulaan tahun, dengan harapan diampuni segala kesalahan yang telah lampau dan diberkahi kehidupannya kelak di masa-masa yang akan datang atau ditahun-tahun berikutnya. Setelah sebelumnya penulis membuat artikel tentang makna tahun baru 1434 Hijriyah, kali ini Penulis mencoba menularkan fadilah dan do’a untuk akhir tahun dan awal tahun dengan harapan, mari tinggalkan tahun baru yang penuh dengan kenangan sebagai pijakan untuk menyongsong tahundepan yang lebih baik dan lebih bermanfaat serta berkah.

Fadilah Do’a Akhir Tahun atau Akhirussanah

         Hendaklah do’a akhir sanah ini dibaca tiga kali pada akhir waktu ashar dan pada hari ke-29 atau hari ke-30 bulan dzulhijjah. Barang siapa yang membaca do’a ini pada waktu tersebut diatas maka berkata syaitan : “ kesusahanlah bagiku dan sia-sialah pekerjaanku menggoda anak adam selama setahun binasa hanya sesaat lantaran do’a ini “. Maka Allah akan mengampuni segala dosa-dosanya yang setahun itu. Berikut do’anya

Do’a Akhir Tahun atau Akhirussanah

وَصَلَى اللهُ عَلىٰ سَيِّدِنَا وَمَوْلَانَا مُحَمَّدٍوَعَلىٰ اٰلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمْ. اَللّٰهُمَّ مَا عَمِلْتُ فِى
هٰذِهِ السَّنَةِ مِمَّا نَهَيْتَنِيْ عَنْهُ فَلَمْ اَتُبْ مِنْهُ وَلَمْ تَرْضَهُ وَلَمْ تَنْسَهُ وَحَلِمْتُ عَلَيَّ بَعْدَ قُدْرَتِكَ عَليٰ عُقُوْبَتِيْ وَدَعَوْتَنِىْ اِلَى التَّوْبَةِ مِنْهُ بَعْدَ جُرْأَتِيْ عَلَى مَعْصِيَتِكَ فَإِنِى اَسْتَغْفِرُكَ فَاغْفِرْلِيْ وَمَا عَمِلْتُ فِيْهَا مِمَّا تَرْضَاهُ وَوَعَدْتَنِيْ عَلَيْهِ الثَّوَابَ فَاَسْأَلُكَ اَللّٰهُمَّ يَا كَرِيْمُ يَاذَالْجَلَالِ وَاْلإِكْرَامِ اَنْ تَتَقَبَّلَهُ مِنِّى وَلَا تَقْطَعْ رَجَائِيْ مِنْكَ يَاكَرِيْمُ وَصَلَى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اٰلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمْ.
Fadilah Do’a Awal Tahun

        Hendaklah do’a ini dibaca tiga kali setelah sholat magrib dan malam satu hari bulan muharrom. Barang siapa yang membaca do’a tersebut maka syaitan berkata : “ telah imanlah anak adam ini dan lepas dari genggamanku “. Allah telah mengutus dua malaikat untuk memeliharanya dari fitnah syaitan.

Berikut do’a awal tahun atau awalussanah

وَصَلَى اللهُ عَلىٰ سَيِّدِنَا وَمَوْلَانَا مُحَمَّدٍوَعَلىٰ اٰلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمْ. اَللّٰهُمَّ اَنْتَ الْبَدِيُّ الْقَدِيْمُ اْلأوَّلُ وَ عَلىٰ فَضْلِكَ الْعَظِيْمِ وَجُوْدِكَ الْمُعَوَّلِ وَهٰذَا عَامٌ جَدِيْدٌ قَدْ أَقْبَلَ نَسْأَلُكَ الْعِصْمَةَ فِيْهِ مِنَ الشَّيْطَانِ وَاَوْلِيَائِهٖ وَجُنُوْدِهٖ وَالْعَوْنَ عَلىٰ هٰذِهِ النَّفْسِ الْأَمَّارَةِ بِالسُّوْءِ وَالْإِسْتِغَالِ بِمَا يُقَرِّبُنِيْ إِلَيْكَ زُلْفٰى يَاذَالْجَلَالِ وَالْإِكْرَامِ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ. وَصَلَى اللهُ عَلىٰ سَيِّدِنَا وَمَوْلَانَا مُحَمَّدٍوَعَلىٰ اٰلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمْ. وَاْلحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ اْلعَالَمِيْنَ.

    Demikianlah artikel Fadilahdan Do’aAkhirussanah serta Fadilah dan Do’a Awwalussanah semoga bermanfaat bagi pembaca setia Cinta Pustaka Islam jangan lupa kritik dan komentarnya.

refferensi : Majmu' Syarif CV. Putra Bahari Hal: 162 - 167

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »