Doa Qunut Subuh: Arab, Latin dan Artinya Untuk Pemula

Diposkan oleh On 3:47 AM

Pengertian Qunut atau Do’a Qunut


Pengertian Qunut atau doa qunut, Qunut adalah dzikir khusus yang di dalamnya mencakup doa dan pujian. Didalam Qunut ada do’a dan pujian sehingga lengkap sudah dalam satu bacaan tersebut. Disini nantyi juga kami jelaskan qunut yang dipakai secra munfarid dan qunut secara berjamaah apabila dibaca oleh seorang imam. Qunut bisa tercapai dengan setiap lafadz yang di dalamnya mengandung doa dan pujian, boleh dengan bahasa mana saja yang diinginkan. Hal ini kalian bisa temukan referensinya pada kitab karangan Syaikh Nawawi al-Bantani, Kasuifah as-Saja syarh Safinah an-Naja.

Hukum Do’a Qunut

Beda madzhab beda pendapat mengenai do’a qunut tersebut, untuk Madzhab Syafi'i, membaca doa qunut dalam shalat shubuh hukumnya adalah sunnah ab'ad. Yang memiliki arti bahwa membaca doa qunut dalam shalat shubuh sangat dianjurkan, jadi sangat dianjurkan dan hampir tidak boleh ditinggalkan makanya sampai harus sujud sahwi jika kita lupa melaksanakannya.

Do’a Qunut Imam sholat Jamaah dan Do’a Qunut Sholat Munfarid

Perbedaan terletak pada dlomir yang digunakan, berikut ini adalah kami sajikan do’a qunut subuh dengan menggunakan teka arab dan teks latin namun tidak disarankan untuk membaca teks latin, jika tidak bisa membaca teks arab maka diwajibkan belajar membaca tulisan arab dengan guru yang bisa membaca tulisan arab. Mengapa demikian, tulisan latin tidak menjamin kefasihan dan kebenarannya. Artinya jika sudah niat untuk mempelajari qunut mengapa tidak sekalian terjun untuk menguasai baca tulis al-Qur’an sekalian.

Doa Qunut Subuh: Arab, Latin dan Artinya (Ketika Shalat Munfarid atau sendiri)

اَللّهُمَّ اهْدِنِىْ فِيْمَنْ هَدَيْتَ وَعَافِنِى فِيْمَنْ عَافَيْتَ وَتَوَلَّنِىْ فِيْمَنْ تَوَلَّيْتَ وَبَارِكْ لِىْ فِيْمَا اَعْطَيْتَ وَقِنِيْ بِرَحْمَتِكَ شَرَّ قَضَيْتَ فَاِ نَّكَ تَقْضِىْ وَلا يُقْضَى عَلَيْكَ وَاِ نَّهُ لاَ يَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ وَلاَ يَعِزُّ مَنْ عَادَيْتَ تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ فَلَكَ الْحَمْدُ عَلَى مَا قَضَيْتَ وَاَسْتَغْفِرُكَ وَاَتُوْبُ اِلَيْكَ وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدَنَا مُحَمَّدٍ النَّبِيِّ اْلاُمِّيِّ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

Bacaan latin:

"Allahummah dini fi man hadait, wa ‘afini fiman ‘afait, wa tawallani fi man tawallait, wa barik li fi ma a’thait, wa qini bi rahmatika syarra ma qadhait, fa innaka taqdhi wa la yuqdha ‘alaik, wa innahu la yazillu man wa lait, wa la ya’izzu man ‘adait, tabarakta rabbana wa ta’alait, fa lakal hamdu a’la ma qadhait, wa astagfiruka wa atubu ilaik, wa shallallahu ‘ala sayyidina muhammadin nabiyyil ummiyyi wa ‘ala alihi wa shahbihi wa sallam."

Artinya:

"Ya Allah tunjukanlah aku sebagaimana mereka yang telah Engkau beri petunjuk. Berilah kesehatan kepadaku sebagaimana mereka yang telah Engkau berikan kesehatan. Peliharalah aku sebagaimana orang-orang yang telah Engkau lindungi. Berikanlah keberkahan kepadaku atas apa yang telah Engkau berikan. Selamatkanlah aku dengan kasihmu dari bahaya kejahatan yang telah Engkau tentukan. Engkaulah yang menghukum dan bukan dihukum. Tidak hina orang yang Engkau jadikan pemimpin. Tidak mulia orang yang Engkau musuhi. Maha Suci Engkau wahai Tuhan kami dan Maha Tinggi Engkau. Bagi-Mu segala pujian di atas apa yang Engkau tentukan. Aku memohon ampun kepada-Mu dan bertaubat kepada-Mu. Semoga Allah mencurahkan rahmat dan karunia atas junjungan kami Nabi Muhammad SAW, keluarga, dan para sahabatnya."

Berikut ini jika kalian berposisi serbagai imam maka dlomirnya dirubah, allahummahdinii menjadi Allahummahdinaa, waafinii menjadi waafinaa, watawallanii, menjadi watawallana dst kalian bisa lihat teks arab dan latin selengkapanya, namun sekalilagi tidak disarankan membaca teks latinnya. Harus mau belajar Al-Qur’an.

Doa Qunut Subuh: Arab, Latin dan Artinya (Ketika Menjadi Imam saat berjamaah)

Berikut adalah lafadz doa qunut arab dan lafal doa qunut latin dalam bahasa Indonesia yang biasa dibaca imam saat sholat subuh.

 اَللّهُمَّ اهْدِنَا فِيْمَنْ هَدَيْتَ، وَعَافِنَا فِيْمَنْ عَافَيْتَ، وَتَوَلَّنَا فِيْمَنْ تَوَلَّيْتَ، وَبَارِكْ لَنَا فِيْمَا اَعْطَيْتَ، وَقِنَا بِرَحْمَتِكَ شَرَّمَا قَضَيْتَ، فَاِ نَّكَ تَقْضِىْ وَلاَ يُقْضَى عَلَيْكَ، وَاِ نَّهُ لاَ يَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ، وَلاَ يَعِزُّ مَنْ عَادَيْتَ، تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ، فَلَكَ الْحَمْدُ عَلَى مَا قَضَيْتَ. نَسْتَغْفِرُكَ وَنَتُوْبُ اِلَيْكَ، وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدَنَا مُحَمَّدٍ النَّبِيِّ اْلاُمِّيِّ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

Tulisan Latin:

"Allah hummah dinaa fi man hadait, wa ’aafinaa fi  man ‘aafait, wa tawallanaa fi man tawallaiit, wa baariklana fi maa a’thait, wa qinaa bi rahmatika syarra maa qadhait, fa innaka taqdhii wa laa yuqdha ‘alaik, wa innahu laa yadzilu man walait, wa laa ya’izzu man ‘aadait, tabaa rakta rabbanaa wa ta’aalait, fa lakal hamdu ‘alaa maa qadhait. Nastaghfiruka wa natuubu ilaik, Wa shallallahu ‘ala Sayyidina Muhammadin nabiyyil ummiyyi, wa’alaa aalihi washahbihi wasallam."

Artinya:

"Ya Allah tunjukanlah kami sebagaimana mereka yang telah Engkau beri petunjuk. Berilah kesehatan kepada kami sebagaimana mereka yang telah Engkau berikan kesehatan. Peliharalah kami sebagaimana orang-orang yang telah Engkau lindungi. Berikanlah keberkahan kepada kami atas apa yang telah Engkau berikan. Selamatkanlah kami dengan kasihmu dari bahaya kejahatan yang telah Engkau tentukan. Engkaulah yang menghukum dan bukan dihukum. Tidak hina orang yang Engkau jadikan pemimpin. Tidak mulia orang yang Engkau musuhi. Maha Suci Engkau wahai Tuhan kami dan Maha Tinggi Engkau. Bagi-Mu segala pujian di atas apa yang Engkau tentukan. Kami memohon ampun kepada-Mu dan bertaubat kepada-Mu. Semoga Allah mencurahkan rahmat dan karunia atas junjungan kami Nabi Muhammad SAW, keluarga, dan para sahabatnya."

Apakah bisa do’a qunut digunakan dalam sholat witir maka jawabannya adalah bisa, oleh karena itu dipersilahkan membaca do’a qunut dalam akhir rekaat witir setelah rukuk.

Untuk mendapatkan file tersebut bisa download link berikut: https://drive.google.com/file/d/1cUzpfl93k53M_Z0ZMIdpYtWCUi8CkWo0/view?usp=sharing

VIDEO YOUTUBE DO'A QUNUT: https://youtu.be/7XsTwAv48Bw

 

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »