Tata Cara Sholat Jamak Qoshar yang Paling Mudah

Diposkan oleh On 9:00 AM

Tata Cara Sholat Jamak Qoshar yang Paling Mudah
Ki Ravindra Sholat Jamak Qoshor Yang paling Mudah
Judul diatas sebenarnya kalau kita fahami secara sekilas bahwa ada sholat jamak qoshor yang mudah berarti ada sholat jamak qoshor yang sulit. namun mudah dan sulit itu tergantung siapa yang mempelajarinya.

Pernah dulu saya belajar dengan beberapa guru dan hampir semua yang saya pelajari lupa lagi terutama niat sholatnya. Maka setiap mau melakukan perjalanan jauh harus buka-buka buku lagi. Ternyata yang saya pelajari dulu kurang tepat terutama penempatan niat sholat.

Sholat jamak itu apa sih? Sholat jamak itu dua sholat fardlu yang dikumpulkan pelaksanaan sholat dalam satu waktu. Dua sholat itu adalah Dzuhur dengan Ashar, kemudian magrib dengan isya'. keduanya sudah merupakan pasangan yang saling setia dan tidak bisa ditukar.

Jika sholat ashar dilakukan diwaktu dzuuhur dinamakan JAMAK TAKDIM dan jika dzhuhur dilakukan pada waktu ashar dinamakan JAMAK TAKHIR. apakah ada perbedaan antara jamak takdim dan takhir dalam niatnya. JELAS ADA.

Misalnya anda ingin JAMAK taqdim dzuhur dan ashar, maka tata cara sholatnya adalah

  1. Niat sholat dzuhur "usholli fardho dzuhri Lillahi ta'ala" kemudian sholat, setelah dapat satu rekaat maka niat dalam hati "ashar Saya jamak". 
  2. Setelah selesai sholat dzuhur langsung sholat ashar dengan niat "Usholli Fardhol Asri Lillahi ta'ala". Sholat asharlah sampai selesai.
  3. BERES
Hal yang penting yang harus diingat adalah meletakkan niat dalam sholat pertama. itu niat sholat jamak.

Nah sekarang SHOLAT JAMAK ya juga SHOLAT QOSHOR sekalian. Bagaimana niatnya. Kalau letak niat Qoshor itu diletakkan pas takbirotul ihram. pas lafadz "Allahu AKbar" dalam takbir itu niat dalam hati begini niatnya "sholat dzuhur ini saya ringkas" kalau pakai bahasa jawa " Sholat dzuhur iki tak ringkes". 

FAHAM KAN? gampang sekali.

Sekarang kalau JAMAK TA'KHIR bagaimana. Dimana meletakkan niatnya. Misal pas waktu adzan magrib masih berada didalam bis dalam perjalaan dan tidak ada kesempatan sholat magrib, maka NIATLAH "sholat magrib nanti saya jamak diwaktu isya" (dalam hati) boleh. Kemudian pas waktu isya datang dan berkesempatan sholat. maka laksanakan sholat magrib dan isya. 

NIATNYA bagaimana? Sholat Magrib dulu "USholli Fardhol magrib Lillahi Ta'ala" kemudian langsung sholat isya' niatnya " Usholli fardhol isya' Lillahi ta'ala". Kalau nggak bisa pakai bahasa arab boleh pakai bahasa indonesia "Saya Niat Sholat Fardlu Magrib Karena Allah".

Dalam JAMAK TA'KHIR itu Sebaiknya Magrib dulu atau Isya' dulu? Sebaiknya dzuhur dulu atau ashar dulu. BOLEH DIBOLAK BALIK. monggo terserah anda.

Tata cara lengkap dan dalil yang mengatakan sholat JAMAK QOSHOR bisa kalian KUNJUNGI TATA CARA SHOLAT JAMAK QOSHOR. dalam kitab Kifayatul Ahyar dan Sarah Syarqowi.

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »