Suronan Atau Bulan Muharram (Peristiwa Penting)

Diposkan oleh On 9:27 AM

Bulan Muharram menjadi bulan khusus bagi umat muslim pada umumnya. Pada bulan tersebut kaum muslimin melakukan beberapa kegiatan keagamaan diantaranya adalah sholat tasbih. Istighotsah dan lain sebagainya. Bnayak yang mengadakan kegiatan besar seperti perayaan dalam bentuk karnaval, atau gerebek suro dan lain sebagainya. Hal demikian dilakukan oleh umat islam secara turun temurun. Budaya yang demikian telah dilaksanakan oleh nenek moyang kita. Sehingga sampai sekarang kegiatan itu tidak pernah pudar.

Ada apa di bulan Muharram (Jawa;Suro)? hal ini yang menjadi pertanyaan besar yang mungkin banyak orang yang penasaran untuk mengetahuinya. Baiklah bagi pembaca setia cinta pustaka islam, kali ini ada peristiwa penting yang terjadi dibulan suro. Atau di bulan Muharram ini. Peristiwa tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Hari syuro, asalnya dari hari kesepuluh yaitu 'Asyaro atau 'Asyura namun lidah jawa lebih kental mengatakan Suro.
  2. Disana ada yang melaksanakan Puasa Tasu'a, artinya Tasu'a sendiri adalah sembilan, yaitu puasa yang dilaksanakan pada hari kesembilan dari bulan Muharram.
  3. Ditetapkannya tahun Hijriyah atau sekitar 682 Masehi.
  4. Hari Pertama Allah Menciptakan Alam, Meurunkan Rahmat dan menurunkan Hujan.
  5. Hari Allah menjadikan Arsy dan Lauhul Mahfudz.
  6. Allah menjadikan malaikat yang akan bertugas menyampaikan wahyu yaitu malaikat Jibril.
  7. Nabi Adam Mendapat ampunan dari Allah. Karena pada bulan itu Nabi Adam Alaihi Salam bertaubat karena telah melanggar larangan Allah yaitu memakan buah Khuldi.
  8. Nabi yang kedua yaitu Nabi Idris Alaihi Salam, diangkat derajatnya oleh Allah juga pada bulan tersebut.
  9. Nabi yang ketiga Nabi Nuh Alaihi Salam juga diselamatkan dari Banjir yang menenggelamkan perahunya, atas azab yang diberikan oleh Allah atas umatnya yang tidak mau beriman dan mengakui Kerasulan Nabi Nuh.
  10. Nabi Ibrahim juga diselamatkan oleh Allah dari api Raja Namrud. Justru dia merasa dingin didalam bara api yang berkobar yang ditiup oleh cicak-cicak yang jahat.
  11. Nabi Ya'qub Alaihi Salam disembuhkan penyakitnya oleh Allah juga terjadi pada bulan Muharram.
  12. Nabi Yusuf Alaihi Salam juga selamat dari belenggu penjara. juga terjadi pada bulan muharram.
  13. Penyakit kulit Nabi Ayyub dipulihkan oleh Allah.
  14. Nabi Musa Alaihi Salam menenggelamkan Firaun di laut merah. Mukjizat Nabi Musa yang luar biasa ini juga terjadi dibulan Suro atau Muharram.
  15. Kitab Taurat sebagai kitab pedoman bagi kaum Musa Alaihi Salam juga diturunkan pada bulan tersebut.
  16. Kesalahan Nabi daud diampuni oleh ALlah.
  17. Nabi yunus diselamatkan oleh ALlah dari perut ikan yang memakannya. 
  18. Nabi Sulaiman dikaruniai kerajaan yang besar yang tiadabandingnya dengan Kerajaan-kerajaan pada masa itu.
  19. Hari dimana Nabi Isa Alaihi Salam diangkat ke Langit oleh Allah.
  20. Terjadi perang Khaibar perang yang dikomandani oleh sayyidina Ali Karomallahu Wajhahu dengan kemenangan yang luar biasa saat melawan kaum Yahudi pada bulan tersebut.
  21. Syahidnya sayyidina Husain bin Ali cucu Nabi Muhammad Shollallahu 'Alaihi Wasaallam.
Hampir seluruh Nabi-Nabi mengalami peristiwa pada bulan tersebut. Banyak Mukjizat-Mukjizat Nabi yang ditemukan dibulan tersebut. Anda juga bisa menghafalkan 25 Nabi Tanpa lupa lagi disini.



Dengan kejadian kejadian penting tersebut diatas tentunya menjadi hal yang luar biasa untuk kita peringati dan kita rayakan. Asalkan tidak menimbulkan kemadlorotan dan kemaksiatan. Beberapa ada yang merayakannya dengan tidak wajar dengan biaya yang luar biasa namun sisi manfaat tidak ada, maka sebaiknya kegiatan itu bisa dievaluasi kembali. Layak atau tidak untuk tetap dilaksanakan. 


Next
« Prev Post
Previous
Next Post »