Cara Berpakaian Sesuai Syariat Islam

Diposkan oleh On 7:44 PM

Jika anda bertanya bagaimana cara berpakaian menurut syariat islam? maka disinilah solusinya. Mencari kebenaran cara berpakaian menurut syariat islam tidak musti harus seperti orang arab pada umumnya. Khususnya di Indonesia. Perpaduan syariat islam dengan budaya Indonesia. Budaya Indonesia yang disesuaikan dengan syariat islam. Pada umumnya berpakaian menurut syariat islam adalah menutup aurat.
فإذا لبست ثيابك فانوبه سترالأورتك التى أمرك الله بسترها
Artinya : Jika anda memakai pakaian berniatlah karena Allah dan tutuplah auratmu sebagaimana Allah telah memerintahkan untuk menutupi aurat. (risalah muawwanah juz 2).

Mengenai aurat perempuan adalah seluruh tubuh yang harus ditutupi kecuali yang boleh terlihat adalah wajah dan telapak tangan sampai pergelangan.  Adapun untuk aurat laki-laki adalah mulai dari pusar sampai lutut. Mengenai model pakaian tentunya akan disesuaikan dengan budaya negara tertentu. Untuk Indonesia maka seseorang bisa menggunakan gamis lengkap dengan kerudungnya. Untuk laki-laki biasanya menggunakan celana ataupun sarung.

Menggunakan sarung untuk  laki-laki minimal diatas mata kaki (jw;kemiren). jangan sampai menyeret-nyeret. Namun untuk perempuan jika memakai sarung perempuan harus sampai dibawah mata kaki.
Memakai baju muslim bagi orang Indonesia telah mengadopsi model baju dari china yaitu baju koko. dan biasanya untuk lengan baju ada yang panjang ada yang sampai siku saja. Namun yang lebih baik untuk sholat 5 waktu sehari-hari menggunakan baju berlengan panjang.

Untuk asesoris baju sebaiknya tidak mencolok. Terkadang justru baju bagian belakang ada tulisan sponsor atau apapun. Sebaiknya jangan dipakai karena bisa mengganggu konsentrasi jamaah lain dibelakang kita. Banyak mukena atau rukoh yang sekarang banyak bordir bunga-bunga mencolok. Sebaiknya polos agar tidak mengganggu jamaah lain.

Memakai baju atau pakaian selalu dimulai dengan tangan kanan, dan mencopot baju dengan diakhiri tangan kiri. Berikut ini niat memakai pakaian. “saya niat memakai pakaian karena Allah”. Doa yang biasa dilafadzkan saat memakai pakaian :
الحمَدُ للهِ الَّذيْ كَسَانِى هٰذَا وَرَزَقَنِيْهِ مِنْ غَيْرِ حَوْلٍ مِنِّيْ  وَلَا قُوَّةٍ
Artinya : Segala puji bagi Allah yang Memberi pakaian pada kita dan Memberikan rizki pada kita dari tanpa rekayasa dan kekuatan dari kita.

Setelah tahu doanya saat memakai pakaian, maka selanjutnya pakaian yang seperti apa yang harus kita pakai. Jangan terlalu bagus dan jangan terlalu jelek. Yang sedang-sedang saja. Dengan harga yang cukup terjangkau, walaupun sebenarnya kita mampu membelinya dengan harga mahal. Yang terpenting bersih dan sederhana. Jika mau sunnahnya saat sholat maka usahakan pakailah serban. Kalau dalam istilah jawa namanya udeng-udeng. Udeng-udeng sudah merupakan kesunnatan. Serban menjadi sunnah bukan karena lebarnya serban dan besarnya gulungan serban diatas kepala seperti ban truk. Cukup sederhana saja. Namun di Indonesia bisa pakai udeng-udeng.

Setelah memakai pakaian atau mencopot pakaian maka sebaiknya berdo’a pula dengan membaca :
بِسْمِ اللهِ اَّلذِىْ لَا إلٰهَ اِلَّا هُوَ
Artinya : Dengan menyebut nama Allah, Tiada Tuhan selain Dia (Allah).
Demikianlah cara berpakaian sesuai dengan syariat islam dan harapan saya artikel ini bisa bermanfaat bagi siapapun terutama bagi yang telah membacanya, yang selanjutnya akan menjadi ilmu yang bermanfaat Amin.

Sumber : Risalatul Mu’awwanah Juz 2


Next
« Prev Post
Previous
Next Post »