Teks Do'a Awal Tahun dan Akhir Tahun

Diposkan oleh On 6:54 AM

Berdo'a merupakan Cara untuk meminta pada Allah, dengan begitu kita sebagai makhluk Tuhan benar benar bergantung sepenuhnya kepada Allah. Dia tempat mengadu dan hanya kepada-Nya lah kita memohon pertolongan. Kali ini penulis persembahkan tulisan kecil mengenai do'a awal tahun dan do'a akhir tahun. Dalam bahasa Arab bisa disebut Do'a Awwalus Sanah dan Akhirus Sanah. Biasanya do'a akhirussanah dibaca terlebih dahulu, waktunya setelah sholat ashar sampai sebelum Magrib, jadi kalau sudah magrib langsung dibaca do'a awal tahun. Biasanya hal ini diadakan di Masjid-masjid sekaligus bisa sholat magrib berjamaah. 


Seperti yang terselenggara di Masjid Jami'  At-Taqwa Desa Tawangrejo. Para ulama' dan santri serta penduduk desa berbondong-bondong ke Masjid untuk melaksanakan do'a bersama, kali ini do'a dipimpin oleh KH. Ahsin Ilyas, setelah itu melaksanakan sholet magrib berjamaah. Sebenarnya doa ini juga bisa dibaca di rumah atau di kantor atau dimana saja asalkan Tata Cara Berdo'a memenuhi syarat. Bagaimana berdo'a yang baik dan benar. Baiklah para pembaca yang senantiasa dimulyakan oleh Allah. Do'a akhir tahun dan awal tahun sudah menjadi rutinitas setiap tahunnya. Budaya yang baik semacam ini perlu kita lestarikan dan langgengkan. Toh walaupun bagaimanapun juga kita pasti butuh Allah dan akan selalu minta hanya kepada Allah.

 Do'a Awal Tahun

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ . وَصَلَّى اللهُ عَلٰى سَيّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى آلِهٖ وَ صَحْبِهٖ وَ سَلَّمْ. اللّٰهُمَّ أنْتَ اْلأبَدِىُّ اْلقَدِيْمُ الأَوَّلُ وَ عَلٰى فَضْلِكَ اْلعَظِيْمِ وَ كَرِيْمِ جُوْدِكَ الْمُعَوَّلُ وَهٰذَا عَامٌ جَدِيْدٌ قَدْ أقْبَلَ أسْأَلُكَ العِصْمَةَ فِيْهِ مِنَ الشَّيْطَانِ وَ أَوْلِيَٓائِهِ وَ العَوْنَ عَلٰى هٰذِهِ النَّفْسِ الْأمَّارَةِ بِالسُّوْءِ وَ اْلإسْتِغَالِ بِمَا يُقَرِّبُنِى إلَيْكَ زُلْفٰى يَاذَالْجَلَالِ وَ اْلإكْرَامِ وَ صَلَى اللهُ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَ عَلٰى 
الِهِ وَ صَحْبِهِ وَ سَلَّمْ.
Doa Akhir Tahun

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ . وَصَلَّى اللهُ عَلٰى سَيّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى آلِهٖ وَ صَحْبِهٖ وَ سَلَّمْ. اللّٰهُمَّ مَا عَمِلْتُ فِى هٰذِهِ السَّنَةِ مِمَّا نَهَيْتَنِى عَنْهُ فَلَمْ اَتُبْ مِنْهُ وَ لَمْ تَرْضَهُ وَ نَسِيْتُهُ وَ لَمْ تَنْسَهُ وَ حَلُمْتَ عَلَيَّ بَعْدَ قُدْرَتِكَ عَلٰى عُقُوْبَتِى إلَى التَّوْبَةِ بَعْدَ جَرَاءَتِى عَلٰى مَعْصِيَتِكَ فَإنِّى أسْتَغْفِرُكَ فَاغْفِرْلِى بِفَضْلِكَ وَ مَا عَمِلْتُ فِيْهَا مِمَّا تَرْضَاهُ وَوَعَدْتَـنِى عَلَيْهِ الثَّوَابَ فَأسْألُكَ اللّٰهُمَّ يَاكَرِيْمُ يَاذَ الْجَلَالِ وَالإكْرَامِ أنْ تَتَقَبَّلَهُ مِنِّى وَلَا تَقْطَعْ رَجَائِى مِنْكَ يَاكَرِيْمُ وَ صَلَى اللهُ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَ عَلٰى ٰالِهِ وَ صَحْبِهِ وَ سَلَّمْ.


Dokumentasi Kegiatan Di Masjid Jami' At-Taqwa Desa Tawangrejo yang berhasil saya kumpulkan.

Kitab majmuk yang menjadi Rujukan

Jamaah Putra ikut kegiatan tersebut.

Full untuk jamaah Putra

Jamaah putri banyak yang melakukan do'a di Rumahnya Masing-masing

Tinggal Amiin saja, karena sudah ada yang memimpin beliau KH. Ahsin Ilyas

Benar-benar Harus Khusyuk dan penuh pengharapan

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

1 komentar:

terimakasih,,,, sangat membantu....