Tata Cara Sholat Idul Fitri dan Sholat Idul Adha

Diposkan oleh On 5:43 AM

Sholat sunnah muakkad yang dilakukan setelah puasa bulan Romadlon dinamakan sholat Idul Fitri, untuk sholat idul adha dilakukan pada bulan dzulhijjah tanggal 10. Idul adha bisa diartikan idul qurban. Umat islam yang mampu bisa menunaikannya. Untuk idul qurban, hewan yang biasa dipakai untuk idul qurban adalah kambing, sapi, onta, kerbau. Mengenai pahala yang didapat tentunya tidak lepas dari besar kecilnya hewan qurban dan keikhlasan seseorang. Namun mengenai tata cara untuk melaksanakan sholat idul fitri dan sholat idul adha sama. Nanti akan saya jelaskan lebih rinci. Untuk sholat idul fitri fitri waktunya seperti waktu dimulainya sholat dhuha, biasanya sekitar pukul 6.30 pagi. Dan dilakukan dengan berjamaah, namun jika tidak berjamaah bagaimana, apakah sholat idul fitri itu sah. Sholat idul fitri itu dikatakan sah karena adanya suatu rangkaian mulai dari sholat idul fitri kemudian ada khutbah idul fitri. Rangkaian ini yang tidak terpisahkan maka sudah barang tentu harus mengikuti syarat sahnya sholat idul fitri. Mengenai rakaatnya berjumlah 2 rekaat.

وَصَلَاةُ الْعِيْدَيْنِ سُنَّةٌ مُؤَكَّدَةٌ, وَهِيَ رَكْعَتَانِ يُكَبِّرُ فِى اْلأُوْلٰى سَبْعًا سِوٰى تَكْبِرَةُ اْلإحْرَامِ وَ فِى الثَّانِيَةِ خَمْسًا سِوٰى تَكْبِرَةُ الْقِيَامِ وَ يَخْطُبُ بَعْدَهَا خُطْبَتَيْنِ
Bagaimana Tata caranya
  1. Sholat idul Fitri dengan niat usholli sunnatal li ‘idil fitri ma’muman lillahi ta’ala (jika menjadi makmum) jika menjadi imam maka Ma’muman menjadi imaman. Dalam niat ini tidak hanya sekedar dibaca, akan tetapi harus benar-benar tahu artinya. Malah lebih baik menggunakan bahasa yang anda bisa dalam hati. Penempatan niat harus pada saat takbirotul ihrom.
  2. Kemudian membaca takbir (allahu akbar) 7 kali selain takbiratul ihrom diikuti dengan membaca surah fatihah dan dilanjutkan dengan surah-surah pendek. Kemudian rukuk, i’tidal, sujud seperti biasanya kemudian berdiri lagi langsung takbir 5 kali (allahu akbar, allahu akbar, allahu akbar, allahu akbar, allahu akbar) dilanjutkan membaca surah fatihah dan surat pendek. Namun jika lupa membaca takbir dan anda sudah terlanjur membaca surah fatihah maka tidak usah diulangi takbir lagi, langsung saja membaca surah pendek. Intinya takbir harus sebelum surah fatihah, jika lupa takbir maka tidak masalah.
  3. Kemudian rukuk, i’tidal, sujud dan diakhiri dengan salam.
  4. Setelah itu jangan berpindah dari tempat duduk karena dilanjutkan dengan khutbah idul fitri. Tidak ada wirid diantara sholat idul fitri dan khutbah. Baru setelah khutbah ada tahlil dan wirid-wirid.


Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menunaikan sholat idul fitri dan sholat idul adha. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi anda sekalian. Dan menjadi berkah bagi kita semua, amin. Mohon maaf jika ada kekeliruan mengenai tata cara sholat idul fitri dan tata cara sholat idul adha, mohon kritik dan masukan serta tambahan, agar saya pribadi beserta pembaca yang dirohmati Allah bisa bertambah ilmu dan wawasan dan akhirnya mampu untuk mempraktekannya. Amin.



Refferensi : Kifayatul Ahyar, Imam Taqiyuddin abi bakrin bin Muhammad al Husaini, darul ihyail Kutub arobiyyah indonesia, hal: 153

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »