Rebo Wekasan Sebagai Budaya Islam

Diposkan oleh On 8:26 AM

Dalam blog ini berisi tentang arti rebo wekasan atau rebo pungkasan. berisi tentang do'a untuk malam rebo wekasan, tata cara sholat rebo wekasan beserta wirid wirid untuk rebo wekasan dan tips untuk tolak bala' sesuai dengan kajian kitab kuning. 

Mengenai dalil dalam Al-Qur'an dan Al-Hadits pun tidak ada. Hanya didapat dari kajian kitab yang dikarang oleh orang-orang yang diberikan kelebiahn oleh Allah yang mengetahui apa yang tidak kita ketahui sebagai orang awam. Walaupun begitu tidak ada salahnya kita melaksanakan sholat dan berdo'a meminta perlindungan kepada Allah atas segala balak yang diturunkan. Hanya Allah tempat meminta perlindungan dan meminta keselamatan. tidak ada daya dan kekuatan serta upaya  kecuali dengan pertolongan Allah subhanahu wata'ala. dengan mengandalkan Allah, sudah dipastikan langkah kita sudah benar, dengan begitu kita tidak perlu ragu atas kemampuan dan kekuatan Allah, sampai kapanpun kita akan selalu bergantung dan minta perlindungan Allah. 

Rebo Wekasan atau rabu wekasan atau rebo pungkasan atau bisa saja rabu terakhir bulan sfar, Rebo Wekasan adalah hari rabu terakhir pada bulan safar. Tepatnya taggal 06 Nopember 2018 malam 07 Nopember 2018. Dihari itu Allah menurunkan 320.000 bala  ke bumi, namun Allah juga memberikan penawarnya.
وَقَلَ بَعْضُ الفُضَلَاءِ أَنَهُ وَرَدَ أنَّ البَلَايَا المُقَدَّرَةْ فِى السَّنَةِ تُنْقَلُ مِنَ اللَّوْخِ الْمَحْفُوْظِ إلَى السَّمَاءِ الدُّنْيَا
فِى لَيْلَةِ أخِرِ أَرْبِاَءْ مِنْ شَهْرِ صَفَرْ وَ اَنْ مَنْ كَتَبَ هَذِهِ اْلأيَاتِ السَّبْعِ فِى إنَاءٍ وَمَحَاهُنَّ بِمَاءٍ و شَرِبَهُ لَمْ يُصِبْهُ شَيْئٌ مِنْ تِلْكَ اْلبَلَايَا : وَ هِىَ سَلَامٌ قَوْلًا مِنْ رَبِّ الرَّحِيْم . سَلَامٌ عَلَى نُوْحٍ فِى الْعَلَمِيْنَ . سَلَامٌ عَلَى إبْرَاهِيْم . سَلَامٌ عَلَى مُوْسَى وَ هَارُوْن . سَلَامٌ عَلَى ألِ يَاسِيْن . سَلَامٌ عَلَيْكُمْ طِبْتُمْ فَادْخُلُوْهَا خَالِدِيْنَ . سَلَامٌ هِيَ حَتَّى مَطْلَعِ اْلفَجْرِ .
Artinya kurang lebih sebagi berikut :
Orang yang diberikan kebihan oleh Allah mengatakan bahwa dalam taqdir Allah, Allah mendatangkan beberapa bala’ setiap tahunnya dari lauhil mahfudz ke dunia pada malam rabu terakhir bulan safar, barang siapa yang menulis 7 ayat berikut di piring atau mangkok ( wadah ) kemudian mengaduknya dengan air dan meminumnya maka orang tersebut tidak akan terkena bala’. Ayat –ayat itu adalah ( tersebut diatas ) mulai 

سَلَامٌ قَوْلًا مِنْ رَبِّ الرَّحِيْم
Bagi kaum muslimin pada hari tersebut biasa melakukan sholat 4 Rekaat ( dua rekaat salam., dua rekaat salam ).
niatnya : Usholli sunnatal yaumul  arbi,a akhiri shofar li daf'il bala' lillahi ta'ala
atau tidak usah susah susah niat dalam hati dengan bahasa indonesia aku niat sholat rebo  terakhir atau rebo wekasan bulan safar untuk tolak bala' karena Allah. atau denga bahasa jawa.
 Untuk rekaat pertama membaca surah Al-Fatihah dan diikuti surah al-Kautsar ( inna a’thoina kal kautsar ) sebanyak 17 kali kemudian pada rekaat kedua setelah baca surah al-Fatihah membaca surah Al-Ikhlas 5 Kali. Al-Alaq sebanyak 1 kali, al- Annas 1 Kali, Setelah itu berdo’a sebagai berikut :
اللّهُمَّ يَا شَدِيْدَ القُوَى وَيَا شَدِيْدَالْمِحَالِ يَا عَزِيْزُ يَا مَنْ ذَللَّتْ لِعِزَّتِكَ إكْفِنِى مِنْ شَرِّ جَمِيْعِ خَلْقِكَ يَا مُحْسِنُ يَا مُتَفَضِّلُ يَامُنْعِمُ يَا مُتَكَرِّمُ يَا مَنْ لَا إلَهَ إلَّا اَنْتَ إِرْحَمْنِى بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ . اللَّهُمَّ بِسِرِّ الحَسَنِ وَ اَخِيْهِ وَ جَدِّهِ وَ اَبِيْهِ وَ اُمِّهِ وَ بَنِيْهِ إِكْفِنِى شَرَّ هَذَالْيَوْمِ وَ مَا يَنْزِلُ فِيْهِ يَا كَافِيَ الْمُهِمَّاتِ يَا دَافِعَ الْبَلِيَّاتِ فَسَيَكْفِيْكَ هُمُ اللهُ وَ هُوَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ وَ حَسْبُنَا اللهُ وَ نِعْمَ الْوَكِيْلُ وَلَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إلَّا بِا اللهِ عَلِيِّ الْعَظِيْمِ.
Jangan lupa juga kita berdo'a untuk keselamatan keluarga kita, sanak famili, minta keselamatan desa kita, minta keselamatan kota kita, minta keselamatan negara kita dan juga mintalah keselamatan bumi kita tercinta ini. gantung segalanya pada Allah Subhanahu wata'ala. semoga kita senantiasa dalam lindungan-Nya. Amiiin. ya Robbal 'Alamin.

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »