Sholat Sunnah Rawatib

Diposkan oleh On 7:24 AM

Amalan yang tidak kalah pentingnya adalah sholat sunnah rawatib. Dikatakan rawatib karena mengikuti sholat fardlu. Sholat sunnah rawatib ini memiliki manfaat yang luar biasa termasuk bisa menyempurnakan sholat fardlu kita jika ada ketidak sempurnaannya, namun dalam urusan pahala. Untuk ketidak sempurnaan bacaan dan gerakan jika lupa maka bisa dengan sujud sahwi. Namun untuk urusan pahala, misalnya kekhusyukan, keseriusan yang kurang sempurna maka akan ditambah kesempurnaanya dengan melakukan sholat sunnah rawatib. Sholat Sunnah Rawatib pada umumnya dilakukan 2 rekaat mengikuti sholat fardlu, namun ada sholat sunnah rawatib yang muakad (ditekankan) dan ada sholat sunnah Rawatib ghoiru muakad (tidak ditekankan)

Berikut ini pembagian sholat sunnah rawatib yang mengikuti sholat Fardlu
  1. Sholat sunnah Muakad :pertama 2 rakaat sebelum Fajar atau subuh, kedua 2 rekaat sebelum dzuhur atau sebelum sholat jum’at dan 2 rakaat sesudahnya, ketiga 2 rakaat setelah Magrib dankeempat 2 rakaat sesudah isya’. Sebaiknya membaca Surah al-Kafiruun (qul ya Ayyuhal Kaafirun) pada rekaat pertama setelah fatihah dan surah iklas (qul huwallohu ahad) pada rekaat kedua setelah fatihah.
  2. Sholat Sunnah Ghoiru Muakad : Pertama 2 rakaat sebelum dzuhur atau sholat jum’at dan 2 rakaat sesudahnya (artinya kalau muakad dan ghoiru muakad semua dikerjakan maka sholat sunnahnya menjadi 4 rekaat sebelum dzuhur atau jum’at dan 4 rekaat sesudah dzuhur atau jum’at dengan 2 salaman); Kedua 4 rakaat sebelum Ashar. Ketiga 2 Rakaat sebelum magrib. Keempat 2 rakaat sebelum Isya’.



Demikian mengenai sholat sunnah rawatib yang bisa saya persembahkan untuk pembaca setia Cinta Pustaka Islam semoga Ilmu yang saya tularkan bisa bermanfaat untuk anda semuanya. Terimakasih.

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »